5 Kebiasaan yang Bisa Memperbaiki Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental bisa bersumber dari kehidupan masa lalu, utang kredit hp cicilan atau finansial, hingga masalah asmara. Sekecil apapun masalah yang menimpa, jangan terbiasa dipendam. Pasalnya jika menumpuk terlalu lama dan tidak dikeluarkan akan menjadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

Menjaga kesehatan mental pun juga sangat penting layaknya menjaga kebugaran fisik dengan olahraga minimal tiga kali seminggu selama tiga puluh menit. Sebab, berkenaan dengan emosi, moral, dan juga aspek sosial. Ini sebabnya, kamu perlu melakukan kebiasaan yang bisa memperbaiki kesehatan mental.

Ketiganya merupakan kunci kesehatan mental., sehingga kamu perlu fokus pada 3 aspek tersebut. Lalu, bagaimana cara memperbaiki mental yang sudah mulai rapuh? Bagaimana pula cara menghilangkan rasa kecemasan dan depresi seseorang akibat dari gangguan mental?

Tidak sulit untuk melakukannya. Buat kamu yang ingin tahu tips menjaga kesehatan mental, kamu bisa mencoba melakukan 5 kebiasaan berikut yang sangat efektif membuat mental kamu kuat.

  • Positive Feelings

Bukan sekedar berpikir positif, biasakan diri untuk merasa positif dalam memandang segala aspek dalam kehidupan pun juga menjadi tips untuk menyehatkan mental.

Umumnya, positive thinking hanya melingkupi area pikiran. Namun, akan lebih efektif jika masuk ke ranah rasa. Yakni, dengan membiasakan diri untuk selalu positive feelings.

  • Melakukan Hobi yang Tak Merugikan

Tak bisa dipungkiri, melakukan hobi merupakan cara mengembalikan kesehatan mental yang ternyata cukup efektif, lho!

Bukan tanpa alasan, karena hobi sangat berkaitan dengan aktivitas yang paling disukai. Entah apa pun faktor yang menyebabkan seseorang suka dengan hobi tersebut, jelas itu adalah hal yang positif untuk mental.

Sebab, dengan melakukan hobi maka pikiran menjadi lebih fresh dan hati pun merasa senang. Tentu saja, kondisi pikiran yang fresh dengan hati senang akan membuat mental lebih terjaga.

  • Curhat ke Sahabat atau Orang yang Kamu Percaya

Selain itu, kamu juga perlu mengungkapkan apa yang perlu kamu ungkap. Tak melulu soal cinta, kamu bisa menceritakan kehidupan atau masalahmu kepada sahabat.

Kebiasaan untuk cerdas dalam mengungkapkan masalah ke sahabat atau orang tepercaya cukup efektif mengurangi efek depresi. Sehingga, mental kamu akan lebih kuat dan selalu terjaga.

Namun, sebagai catatan, kamu harus pandai dan cermat memilih siapa teman atau sahabatmu yang bisa kamu percaya. Hindari untuk bercerita kepada teman yang kurang kamu percaya. 

Bisa jadi, rahasiamu malah terbongkar oleh temanmu yang suka menggosip. Jadi, pastikan sebelum kamu bercerita, kamu sudah memilih sahabat yang tepat.

Berceritalah secara langsung agar kamu bisa melihat ekspresi wajahnya, bukan hanya semata lewat chat whatsapp apalagi sms. Ada banyak ponsel Rp2 jutaan yang sudah punya kamera selfie mumpuni. Apalagi saat ini kredit hp cicilan bunganya rendah hanya 2,6% saja per bulan seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. Tenornya sangat fleksibel dengan opsi 3, 6 dan 12 bulan. Khusus untuk tenor 3 bulan tidak perlu bayar bunga, cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3% dari total harga smartphone yang kamu beli. 

  • Olahraga Pagi Rutin

Kebiasaan yang bisa memperbaiki mental health dengan cukup mudah, adalah dengan rutin berolahraga di pagi hari.

Aktivitas olahraga ternyata tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh atau fisik saja, namun juga bisa juga sebagai terapi menjaga kesehatan mental.

Jelas karena dengan olahraga, aktivitas kamu akan terfokus pada gerak dari olahraga tersebut. Gerak olahraga pun akan memicu metabolisme dalam tubuh agar lebih lancar.

Dengan metabolisme tubuh yang lancar, tentu akan berpengaruh pada pikiran yang jernih dan fresh. Dari pikiran yang sehat, pastinya memicu mental yang sehat pula.

Hubungan tersebut jelas saling terkait. Sehingga, olahraga menjadi aktivitas mudah yang sangat efisien sebagai langkah alternatif memperbaiki maupun menjaga kebugaran mental.

  • Tanamkan bahwa Semua Tak Lepas dari Kehendak Tuhan

Berbagai masalah dalam hidup seseorang, tentu saja sangat berpengaruh pada dinamika mental seseorang.

Menanamkan dan meyakini bahwa setiap fakta atau realitas yang kamu hadapi adalah kehendak Tuhan maka pikiranmu akan lebih tenang. Artinya, penanaman keyakinan seperti ini akan memberikan stimulus bahwa semua tidak terjadi secara kebetulan. Jika ada masalah, tentu ada solusi.

Maka dari itu, menanamkan keyakinan akan kehendak Tuhan, akan memperkuat kesehatan mental. Karena, di dalam diri telah yakin bahwa semua yang terjadi bukan serta merta tanpa ada hikmah, melainkan ada tujuan untuk melatih ketangguhanmu.

Jadi, sampai di sini jelas, beberapa kebiasaan yang bisa memperbaiki kesehatan mental sangat efektif dalam menjaga mental. Belum perlu datangi psikolog, jika kamu bisa menerapkan kebiasaan positif maka mentalmu akan terjaga. Sebaliknya, jika kamu butuh layanan klinis segeralah berkonsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *