5 Macam Posisi Kerja di Pertambangan. Apakah Cita-Citamu?

bekerja di pertambangan

Direktur operasi pengeboran

Salah satu karir dengan bayaran tertinggi di pertambangan adalah yang paling bervariasi secara dramatis, dengan SalaryExpert melaporkan bahwa direktur Amerika menerima rata-rata $120.217 per tahun, dibandingkan dengan $12.215 untuk rekan-rekan mereka di Rusia.

Industri pertambangan Rusia bertanggung jawab atas 5% dari PDB negara dan 16% dari total ekspornya, dan merupakan produsen berlian dan paladium terbesar di dunia; namun gaji pertambangan belum tumbuh bersama industri. Dengan gaji hingga $400.000 dilaporkan untuk beberapa direktur pengeboran, upah rendah Rusia bahkan lebih mengejutkan.

Di Cina, direktur pengeboran memperoleh rata-rata $86,199, menjadikan posisi tersebut dengan bayaran tertinggi dari lima di negara tersebut. Sementara direktur Afrika Selatan dapat mengharapkan untuk mendapatkan angka yang sama ($66.713), ini bukan pekerjaan pertambangan dengan bayaran tertinggi di negara itu. Hanya Afrika Selatan dan Rusia yang berkarir di pertambangan dengan gaji rata-rata lebih tinggi daripada direktur operasi pengeboran.

Site Manager

Pekerjaan penambangan dengan bayaran tertinggi di Afrika Selatan adalah sebagai manajer lokasi, dengan gaji mulai dari $91.775 – $105.895, menurut Careers24. Undang-undang negara tersebut didasarkan pada prinsip ‘pencemar membayar’, yang mengharuskan operasi penambangan individu untuk menutupi biaya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penggalian, dan membayar rehabilitasi lingkungan.

Pentingnya manajer tambang yang terampil tercermin dalam gaji posisi tersebut, yang merupakan gaji rata-rata tertinggi kedua dari lima pekerjaan yang dinilai, di belakang direktur operasi pengeboran di AS.

Sementara manajer Amerika dapat mengharapkan untuk mendapatkan angka yang relatif tinggi sekitar $68,665, menurut SalaryExpert, gaji di Cina dan Rusia jauh lebih rendah, masing-masing $18,218 dan $9,146.

Menurut Economics dan Bank Dunia, PDB AS hampir lima kali lebih besar dari Rusia, berkontribusi pada gaji rendah yang dapat diharapkan seorang manajer di Rusia, yang merupakan terendah dari lima karir di negara-negara ini. Seorang site manager haruslah pula mengetahui biaya-biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya. Seperti; berapa biaya makan karyawan per hari, berapa harga sewa alat berat (jika sebagian menyewa) dan lain sebagainya.

Insinyur

Sementara gaji seorang insinyur adalah yang tertinggi dari karir yang dipelajari di Rusia – rata-rata $15.396 menurut SalaryExpert – ini masih gaji terendah seorang insinyur di antara lima negara yang diamati.

Insinyur di China menghasilkan rata-rata $32.406 sementara rekan-rekan mereka di Afrika Selatan dapat menghasilkan antara $45.049 dan $65.257, menurut News24.

Seperti halnya direktur pengeboran, AS menawarkan gaji rata-rata tertinggi, pada $ 86.547, menurut Salary.com, dan para insinyur dapat mengharapkan untuk mendapatkan hingga $ 99.224.

Sementara angka untuk seluruh industri Brasil sulit didapat, gaji di tambang bijih besi milik negara sebelumnya Vale tersedia secara digital. Insinyur Vale dapat mengharapkan untuk mendapatkan antara $25.048 dan $26.784, jumlah antara yang mencerminkan pekerjaan di penambang dengan angka produksi yang signifikan, tetapi yang telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir.

Ahli geologi

Gaji ahli geologi sangat bervariasi, baik antar negara maupun dalam satu negara, karena bermacam peran. Ahli geologi dapat terlibat dalam melakukan pengambilan sampel, memastikan penambangan dilakukan di tempat yang benar, dan menemukan serta menilai sumber daya baru.

Akibatnya, gaji seorang ahli geologi di AS saja dapat berkisar dari $ 45.136 hingga $ 112.706, dengan rata-rata $ 72.558, menurut Salary.com. Gaji di Brasil bahkan lebih bervariasi, dengan gaji pelaporan Skala Pembayaran antara $ 10.413 dan $ 151.985, tergantung pada tanggung jawab pekerjaan dan pengalaman kandidat.

Berbagai peran ahli geologi juga berarti bahwa gaji rata-rata tidak terlalu tinggi atau sangat rendah. Gaji rata-rata ahli geologi di Rusia adalah $ 11.932, gaji rata-rata dari lima karir yang dipelajari, sementara rata-rata di Cina adalah $ 22.922, menjadikannya angka rata-rata tertinggi keempat di negara itu.

Ahli geologi di Afrika Selatan, bagaimanapun, dapat mengharapkan untuk mendapatkan yang terendah dari lima karir di negara itu, dengan gaji rata-rata $36.384.

Karena ahli geologi sering terlibat dalam eksplorasi dan mengidentifikasi cadangan mineral baru, negara seperti Afrika Selatan, yang sudah memiliki cadangan mineral yang sangat besar, mungkin tidak menghargai karier setinggi di negara lain. Pada tahun 2016, Afrika Selatan diperkirakan memiliki 95% logam grup platinum dunia, 85% cadangan kromium dunia, dan sekitar seperempat cadangan mangan, vanadium, dan zirkonium dunia.

Profesional kesehatan, keselamatan, dan lingkungan

Karyawan ini ditugaskan untuk memastikan operasi tidak membahayakan pekerja atau lingkungan lokal, dan dibayar dengan baik di seluruh negara. Dan memastikan bahwa para pekerja di pertambangan tersebut harus menggunakan alat safety seperti full body harness, helm safety, sarung tangan, wearpack dan lainnya.

Pekerja kesehatan, keselamatan, dan lingkungan (HSE) dibayar paling tinggi di AS, dengan penghasilan rata-rata $92.390, di atas Afrika Selatan, di mana prinsip ‘pencemar membayar’ berarti mereka sangat dihargai, dengan penghasilan rata-rata $44.426.

Di Rusia, para profesional dapat mengharapkan untuk mendapatkan $ 11.720, sejalan dengan gaji rendah lainnya secara konsisten di Rusia.