Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia

Cara Hitung Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia

Setiap barang yang masuk ke Indonesia akan melalui proses pemeriksaan oleh petugas bea dan cukai terlebih dahulu. Dalam proses inilah perhitungan Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia harus diketahui importir. Termasuk bea masuk dan pajak, harus dibayar oleh importir sesuai dengan kategori barang yang diimpor.

Proses Impor yang Masuk Ke Indonesia

Untuk menghitung Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia yang akan ditanggung oleh importir termasuk pajak impor yang harus dibayar, importir harus mengetahui arus barang impor dari pengirim atau pemasok. Ini agar importir tahu kapan harus menyiapkan dokumen dan kemudian menghitung bea masuk dan kemudian membayar bea masuk. Hal ini dilakukan agar barang impor dapat segera dimuat dan dikirim ke alamat tujuan. Berikut adalah alur pengangkutan barang impor:

  1. Importir melakukan transaksi untuk membeli barang atau produk yang diinginkan.
  2. Setelah kesepakatan tercapai antara importir dan pengirim, barang akan dikirim oleh jasa pengiriman dari negara asal ke negara tujuan.
  3. Setelah alat angkut barang masuk ke daerah perbatasan, importir harus memastikan bahwa dokumen impor yang dipersyaratkan, berikut bea masuk dan pajak, telah dilunasi. Hal ini agar pengangkut dapat bersandar ke arah pelabuhan atau bandara untuk kemudian melakukan bongkar muat barang. Alur ini disebut prosedur bea cukai.
  4. Jika menurut aturan dan peraturan pemerintah Indonesia, barang diperbolehkan untuk dipindahkan ke gudang.
  5. Di gudang, petugas bea dan cukai bersama pengirim barang memeriksa kesesuaian jenis barang dengan keterangan yang diberikan oleh importir.
  6. Apabila barang yang diimpor lebih kecil dari persyaratan yaitu USD3, maka barang tersebut diperbolehkan keluar daerah pabean untuk kemudian diantarkan ke tempat tujuan atau diambil langsung oleh importir. Namun, jika barang melebihi bea penjualan, importir harus membayar sisa pembayaran bea masuk dan pajak impor yang belum dibayar sebelum barang dikirim ke alamat tujuan.

Pilihan Cara Membayar Bea Masuk Dan Pajak Impor

  1. Melalui Perusahaan Jasa Pengiriman

Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia

Jika importir menggunakan jasa pengiriman, pembayarannya dapat dilakukan melalui perusahaan jasa pengiriman barang sebelum barang sampai di daerah pabean. Perusahaan jasa pengiriman barang akan berkoordinasi dengan importir untuk menghitung Ongkir Dari Filipina Ke Indonesia. Perusahaan pelayaran akan membayar petugas pabean terlebih dahulu, kemudian importir membayar bea masuk dan pajak impor.

  1. Dengan Layanan Pos

Selain menggunakan jasa pengiriman Anda juga bisa memakai Pos Indonesia untuk membayar biaya bea cukai. Setelah bea masuk dan pajak impor dilunasi, barang impor dapat diizinkan meninggalkan daerah pabean. Ada berbagai cara untuk membayar bea masuk. Itu tergantung pada metode pembayaran yang ideal untuk perusahaan impor Anda. Ini karena sistem pembayaran disesuaikan dengan keadaan setelah berbagai risiko dan situasi bisnis telah dipertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *