Khasiat Dari Daun Salam

 

pada umumnya semua orang yang suka masak pasti sering berurusan dengan daun yang satu ini sebagai salah satu bumbu untuk penyedap masakan.

Sekalipun setiap hari kita bisa jumpai daun salam diantara rempah-rempah bumbu dapur, namun tentu tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata daun yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Nilai Gizi Yang Ada Pada Daun Salam

Saat ini kita akan melihat nilai gizi apa saja yang terkadung di dalam daun salam. Daun salam merupakan daun yang begitu kaya nilai gizinya, antara lain;

·         Vitamin

·         Kalium

·         Kalsium

·         Tembaga

·         Magnesium

·         Besi

·         Seng

·         Mangan

·         Selenium

·         Fitokimia.

·         Minyak atsiri

Selain daun salam, susu kedelai produk Melilea juga sangat kaya akan  nutrisi yang baik. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan anda untuk mengkonsumsi Melilea Susu Kedelai

Vitamin C Pada Daun Salam

Daun salam sangat kaya akan kandungan vitamin C, sebab dalam 100 gram daun salam yang masih segar, terdapat kandungan vitamin C yang mencapai 46,5 mg.

Ini artinya, vitamin yang terkandung dalam 100 gram daun salam yang masih segar akan mampu mencukupi 77,5% jumlah vitamin harian yang diperlukan oleh tubuh.

Vitamin A Pada Daun Salam

di dalam daun salam terkandung 200% lebih vitamin A yang diperlukan sebagai kebutuhan harian.

Mineral Pada Daun alam

Di dalam daun salam juga terkandung mineral yang sangat kaya seperti; kalsium, kalium, tembaga, magnesium, seng, besi, mangan, maupun selenium.

 

Salah satu contoh misalnya kalium. Sebab kalium ini merupakan komponen yang penting dari sel serta cairan tubuh. Dimana komponen ini akan mengontrol tekanan darah serta detak jantung.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Dengan begitu banyaknya kandungan vitamin yang terdapat pada daun salam, maka sekarang kita tahu bahwa daun salam memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh kita. Lalu manfaatnya apa saja?.

Daun salam Untuk Mencegah Kanker

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, sebab kandungan-kandungan tersebut memiliki sifat perlawanan terhadap kanker.

Hal ini karena di dalam daun salam terkandung jenis asam caffelc, euganol, quercetin, maupun catechin, yang memiliki manfaat untuk melawan kanker.

Kandungan yang terdapat dalam daun salam seperti phytonutrient atau yang biasa disebut parthenollde, menjadi salah satu kandungan yang sudah terbukti dapat menahan kanker serviks.

Daun Salam Untuk Mengatasi Diabetes

Manfaat daun salam untuk mengatasi diabetes sudah sangat terkenal, terutama diabetes tipe 2. Sebab kandungan yang terdapat pada daun salam dapat menurunkan glukosa darah, maupun kolesterol, serta trigliserida.

Bila daun salam di konsumsi secara teratur oleh penderita diabetes dalam jangka waktu 30 hari, maka hasilnya akan terlihat nyata.

Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun salam, akan membuat tubuh memproses insulin secara efisien. Sehingga akan sangat baik bagi penderita diabetes, atau orang yang sedang mengalami apa yang disebut resistensi insulin.

Daun Salam Untuk Kardiovaskuler

Di dalam daun salam terkandung senyawa yang sangat berharga, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa terserbut antara lain, asam caffeic, fitonutrien, rutin dan salisilat.

Sedangkan bagi penderita hipertensi, kandungan flavanoid pada daun salam akan berfungsi untuk menormalkan darah. Caranya adalah, rebuslah kurang lebih 10 lembar daun salam, lalu biarkan hingga mendidih. Setelah direbus, air rebusan tersebut diminum saat masih hangat. Cukup diminum 1 kali sehari.

 

Daun Salam Untuk Mengatasi Gangguan Ginjal

Daun salam juga sangat baik dan bermanfaat untuk mengatasi gangguan ginjal seperti infeksi ginjal, atau batu ginjal.

Caranya ambil daun salam kurang lebih 5 gram, lalu direbus menggunakan air sebanyak 200 ml. Biarkan air rebusan daun salam tersebut berkurang hingga 50 ml.

Bila dilakukan secara rutin, maka akan mencegah pembentukan batu ginjal.

Daun Salam Untuk MengatasiAsam Urat

Asam urat terjadi karena adanya zat purin yang menumpuk di dalam tubuh. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi daun salam

Caranya, ambil kurang lebih 10 lembar daun salam, ingat dicuci dulu supaya bersih. Lalu rebus daun salam tersebut. Biarkan rebusan daun salam tersebut mendidih hingga airnya tinggal setengah atau sekitar sisa 5 gelas.

Daun salam juga sangat berguna untuk meredakan rasa sakit seperti rematik, nyeri, keseleo, dan lainnya.

Tentu ada begitu banyak sekali manfaat daun salam untuk kesehatan, namun kali ini saya hanya membahas beberapa manfaat saja yang begitu penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.