Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepeda Lipat

Camp Snoke 451 x Iko Uwais, Sepeda Lipat Macho dengan Harga Terjangkau

Sifat yang dimiliki oleh sepeda lipat ini adalah simpel, sangat cocok di gunakan pada kehidupan saat ini yang serba praktis. Saat ini sepeda lipat ini terus berkembang di industri sepeda. Dari 100 juta unit sepeda yang di produksi secara global dalam waktu 1 tahun, 10%nya adalah sepeda lipat.

Saat Anda memilih sepeda lipat, mungkin akan lebih sulit saat Anda memilih sepeda biasa, karena sepeda ini bukan hanya di pakai saja tapi kita simpan, di jinjing, hingga di lipat. Jadi saat memilih sepeda ini Anda ini tidak bisa melihat kemampuan sepedanya saja.

Sepeda lipat yang berkembang saat ini sudah dibuat jadi sepeda sebaguna, yang selelu mengedepankan performanya dibandingkan kesederhanaan serta kemudahananna. Ini dia hal yang harus Anda perhatikan saat memilih sepeda lipat:

  • Ukuran sepeda lipat

Ukuran dari sepeda lipat ini bukan kita lihat dari bannya saja, karena banyak juga sepeda lipat yang memiliki ukuran S, M, L atau ukuran rangka yang bebeda. Ukuran paling umum untuk sepeda lipat ini adalah 16″ dan 20″, tapi ada juga beberapa sepeda lipat yang memiliki ukuran 12″,22″, dan 24″. Pemilihan roda ini sangat penting karena bisa memberikan rasa, karakter, dan performa yang sangat berbeda. Pilihan sepeda lipat dengan ukuran 16″ lebih cocok digunakan untuk:

  1. Orang yang tidak mengutamakan kecepatan
  2. Sering melipatnya dan membawa kemana-mana
  3. Jarak perjalanan yang tidak teralu jauh

Pilihan sepeda lipat 20″ lebih cocok untuk:

  1. pesepeda yang memiliki badan tinggi
  2. ingin sepeda yang lebih cepat
  3. jarak perjalanan yang cukup jauh
  • Internal gear vs derailleur

Sebuah sepeda yang memiliki multi gear bisa membuat kita mengatur kekuatan dari kayuhan sepeda. Sistem kecepatannya bisa di atur oleh:

  1. Internal gear

Gear sepeda ini ada di dalah sebuah wadah yang bisanya di pasang pada bagian hub roda yang si kenal dengan nama internal hub gear. Bentuknya ini cukup simpel dan juga rapih, selain itu juga tidak membutuhkan perawatan yang rutin. Jika sepeda lipat menggunakan internal gear biasnya pilihan speednya terbatas hanya ada 3 atau 6 speed yang bisa Anda gunakan. Harga sepedanya juga cukup mahal dan cukup sulit untuk di upgrade.

  1. Derailleur

Derailleur merupakan sebua sistem multi gear yang biasnya ada di sepeda. Jika sepeda lipat Anda menggunakan Derailleur maka akan lebih mudah untuk di ganti dan juga di update, karena pilihannya sangat banyak. Dari segi harga Derailleur juga jauh lebih murah, tapi Anda ini harus melakukan perawatan secara rutin, karena posisi dari Derailleur ini sangat terbuka.

  • Speed dan gear ratio sepeda lipat

Gear ratio pada sepeda ini bisa mempengaruhi ringan atau beratnya sepeda saat digunakan ditanjakan atau saat menentukan kecepatan. Speed yang ada pada sepeda ini menentukan banyaknya jumlah gear ratio pada sebuah sepeda. Gear ratio ini jadi perbandigan untuk ukuran pada gigi chainring dengan sprocket. Jika gear ratio semaki besar artinya sepeda sangat mudah di gunakan untuk ngebut, karena kayuhan sepeda jadi semakin ringan. Bagi Anda yag ingin menggunakan sepeda lipat di jalan yang menanjak atau Anda ingin kecepatan yang tinggi sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan gear ratio saat Anda akan membeli sepeda. Anda harus ingat bahwa sepeda lipat ini tidak sefleksible sepeda untuk balap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *