Peduli Adik Di Panti Asuhan, Ini Caranya

Melakukan sedekah ke panti asuhan merupakan salah satu perbuatan yang mulia, dimana Anda bisa berbagi dengan mereka yang kurang beruntung dan membutuhkan.

 

Namun, tak sedikit dari kita yang masih bingung apa yang harus dilakukan sebelum memberikan sedekah atau sumbangan ke panti asuhan supaya bisa lebih tepat sasaran.

 

Sebagai tempat hidup bagi anak-anak yang kurang beruntung karena tidak memiliki orang tua, kemudian harus hidup seadanya, mereka membutuhkan uluran tangan kita untuk bisa merasakan hidup yang lebih baik.

 

Sudah sepantasnya, terutama kita yang berkecukupan untuk membantu adik-adik kita agar mereka bisa melanjutkan esok hari yang lebih cerah.

 

Berikut adalah tips yang bisa Anda gunakan jika mau menyumbang untuk panti asuhan.

 

Lakukan Persiapan Sebelum Menyumbang

 

Kapan waktu yang tepat menyumbang ke panti asuhan? Sebenarnya Anda bisa meyumbang  kapanpun Anda mau dan bisa dilakukan sesegera mungkin.

 

Namun ada baiknya jika Anda melakukan persiapan supaya sumbanganyang diberikan bisa bermanfaat bagi anak-anak dan juga pengelola panti asuhan.

 

Kemana Anda akan Menyumbang?

 

Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu panti asuhan mana yang akan dijadikan tempat menyumbang, berhubung di Indonesia saat ini sangat banyak jenis panti asuhan

 

Misalnya ada, bina remaja yang khusus membimbing dan merawat anak yang putus sekolah. Lalu ada juga panti sosial asuhan, ini adalah jenis yang paling banyak ada dan memiliki fungsi maksimal dalam perkembangan dan perlindungan anak kategori yatim piatu, yatim, atau piatu. Termasuk juga yang menampung anak-anak terlantar dan dhuafa, contohnya adalah Laznas PYI Yatim & Zakat

 

Selain itu ada juga jenis bina karya, bina grahita, bina daksa, petirahan, dan lain-lain.

 

Walaupun begitu, tujuan utama dari semua panti ini adalah memberikan tempat lebih layak dan aman bagi anak-anak dan remaja hingga tua, agar mereka bisa hidup lebih nyaman dan menggapai masa depan lebih baik.

 

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk  mengetahui jenis panti asuhan tersebut supaya Anda bisa lebih fokus memberikan bantuan sesuai yang mereka butuhkan.

 

Ketahui Kebutuhan Panti Asuhan

 

Setelah Anda menentukan jenis panti asuhan yang ingin disumbngkan, Anda juga  perlu mengetahui hal atau barang apa saja yang dibutuhkan oleh panti tersebut.Dalam melakukan sumbangan, tidak melulu harus uang.

 

Misalnya, di panti yang Anda pilih membutuhkan perlengkapan sekolah dan belajar, maka Anda bisa memberikan sumbangan seperti buku tulis, pensil, pena, dan tas agar lebih tepat guna dan tidak mubazir

 

Lalu untuk kasus berbeda, jika panti B yang ternyata sangat membutuhkan dana untuk biaya makan, operasional dan biaya sekolah anak-anak asuhnya, maka Anda bisa menyumbang uang sesuai kesanggupan Anda untuk dimanfaatkan oleh pengelola guna memenuhi kebutuhan anak asuhnya.

 

Menyumbanglah dengan Ikhlas

 

Niatkanlah sedekah Anda dengan ikhlas, supaya Anda lebih nyaman saat melakukannya, dan akan lebih baik jika Anda bisa melakukan sumbangan secara rutin.

 

Kebanyakan donatur tetap di panti asuhan tidak ingin dikenali jati dirinya, karena niat mereka memang ingin membantu secara ikhlas.

 

Gunakan Cara Menyumbang yang Tepat

 

Saat ini ada banyak  cara menyumbang yang bisa Anda pilih, mulai dari cara langsung datang dan memberikan kepada pihak panti asuhan, menitipkannya kepada pihak ketiga untuk disampaikan ke panti asuhan, atau melakukan sumbangan secara digital seperti yang bisa Anda lakukan di Laznas PYI Yatim & Zakat melalui website https://pantiyatim.or.id/.

 

Laznas PYI Yatim & Zakat merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang legal dan memiliki izin berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019.

 

Kami juga bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.

 

Salurkan sedekah terbaik Anda untuk melihat senyuman kebahagiaan dari mereka yang kurang beruntung melalui link ini