Jasa Event Organizer Jagakarsa Jakarta Posisi-posisi Di Pada Eo (bag. 1)

Event Organizer atau EO mampu dikatakan adalah sekumpulan orang-orang yang pakar pada bidangnya, dalam Jasa Event Organizer Jakarta Selatan menyelenggarakan sebuah program atau event. Dan karena umumnya acaranya kompleks (mengandung berbagai unsur atau komponen) maka diharapkan jua beberapa orang yang mumpuni pada berbagai unsur tadi buat mengerjakan event tersebut.

Dulu contohnya, pada era 80-90an, sebuah program atau event ulang tahun anak-anak berusia sekitar lima atau 7 tahun wajibdipersiapkan sedemikian rupa agar meriah dan berkesan. Mungkin talent yang dibutuhkan hanyalah seseorang tukang sulap atau seorang badut, atau seseorang pendongeng. Atau mungkin ketiganya sekaligus. Cuma, pada aplikasi pada lapangannya, dibutuhkan lebih dari sekedar orang yang berbakat.

Selain oleh orangtua yang sebagai promotornya, mungkin ada pula oleh tante yg mendata siapa saja yg perlu diundang, jenis kuliner apa saja yang perlu dihidangkan, susunan acaranyanya apa saja & lain sebagainya. Dan sang oom pula sanggup turut membantu menggunakan memilihkan bentuk undangan, mencari toko yang termurah, menawar harganya, mencari sound system & lain-lain. Kemudian terdapat kakak sepupu yg mungkin sanggup membantu dengan mengirimkan undangan ke beberapa tetangga, meniup balon, memasang pita warna-warni. Dan jangan dilupakan pula, peran bibi di dapur yg mempersiapkan makanan.

Ternyata, buat mengadakan sebuah pesta ulang tahun bagi seseorang anak minimembutuhkan lebih dari 2-tiga orang yang harus mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Sekarang, di era mulai menurut era 90an sampai sekarang, relatif dengan booking sebuah restoran cepat saji kemudian sebar pesan melalui handphone ke para undangan, sebuah acara lengkap dengan badut, MC, dekorasi, sound system dan lain-lain telah siap diselenggarakan.

Secara garis besar , itulah EO. Sekumpulan orang yang mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda-beda namun sanggup saling berkolaborasi & bersinergi buat mensukseskan penyelenggaraan sebuah acara. Semakin kompleks acaranya, tentunya membutuhkan lebih banyak personil pada tubuh EO.

INSIGHT THE EOJika kita melihat ke pada struktur sebuah EO, kita akan menemukan banyak sekali posisi dan jabatan, yang tentunya diadaptasi menggunakan program yang akan diselenggarakan. Namun bila kita melihat ke sebuah perusahaan EO, maka kita akan melihat bahwa strukturnya sekitar sama dengan struktur perusahaan jasa pada umumnya.

Dalam sebuah perusahaan EO, yg umumnya ada adalah:–    bagian marketing,–    bagian administrasi,–    bagian keuangan,–    & bagian teknis EO itu sendiri.

Seperti yg telah diketahui, bagian marketing tugas utamanya adalah mencari client bagi EO. Kemudian bagian administrasi bertugas mengurus segala sistem administrasi yang diperlukan. Lalu bagian keuangan bertugas “menjaga gawang” perusahaan EO tersebut berdasarkan sisi financial & akuntansi. Kemudian bagian teknis EO merupakan bagian yg bertugas buat menyelenggarakan program.

Yang ingin dibahas pada topik ini adalah posisi-posisi yg ada pada bagian teknis berdasarkan EO tersebut. Tidak seluruh posisi bisa digambarkan dalam ulasan ini. Masing-masing perusahaan punya rules dan kebijakan yg berbeda-beda, karenanya posisi-posisi yg diterangkan ini sebaiknya tidak dijadikan patokan. Sebaliknya, tempatkan posisi yg anda butuhkan buat bisnis EO anda.

POSISI-POSISI DI EOBeberapa posisi yg punya fungsi & peranan penting dalam dunia bisnis EO adalah menjadi berikut:

Event Manager atau Event Director atau Project ManagerPenamaan bisa berbeda-beda, tetapi sekitar fungsinya sama, yaitu orang yg memegang peranan terpenting dalam sebuah penyelenggaraan acara. Dalam setiap EO sine qua non orang yang mengerti tentang penyelenggaraan program mulai menurut A hingga Z. Biasanya, pengalaman dan jam terbangnya sudah tinggi. Kenalan dan mitranya segudang. Skill-nya sudah mumpuni & punya sense & feeling yg peka terhadap potensi perseteruan yang biasa muncul di global EO.

Di perusahaan EO, orang seperti ini umumnya sudah mendukuki posisi menjadi owner atau direktur, dan bila ada event project beliau akan merekrut orang lain berkemampuan sama buat dijadikan Event Manager atau Project Manager, & beliau sendiri bertindak sebagai supervisor buat mengawasi Event Manager atau Project Manager tadi.

Biasanya, diawalnya, oleh owner yang telah berpengalaman ini menyebarkan wangsit dan konsep acara bagi client menurut pedoman atau brief yg telah diperoleh marketing sebelumnya. Dan jikalau sudah maju pitching dan menang tender, baru kemudian beliau melakukan rekrutmen dan memimpin anak buahnya pada menyelenggarakan acara client tadi. Kalau proyek berdasarkan perusahaan EO ini banyak, maka biasanya oleh owner ini akan merekrut orang yg punya kemampuan sama & setara dengan beliau atau sedikit dibawahnya buat lalu dijadikan Project Manager atau Event Manager atau Event Director menurut event client tadi.

apabila proyeknya sangat besar& membutuhkan keahlian yg sangat tinggi, maka si owner sanggup pula tidak segan merekrut orang yg lebih ahli darinya & kemudian menilik skill orang tersebut dengan jadi pengamat, kalau perlu jadi asisten si ahli tadi. Jadi tidak wajibselalu merekrut orang dengan kemampuan yang terdapat dibawahnya buat melakukan pekerjaan. Namun lantaran pandangan baru & konsep yg disetujui client dari menurut sang owner, maka meskipun orang yg direkrut lebih pakar dari yang merekrut, permanen saja beliau wajibmenerima insight/panduan tentang inspirasi & konsep program menurut si owner.

Kesimpulannya, harus ada orang yang berada di posisi lead, buat mengatur bagian teknis EO, mulai menurut pembuatan konsep acara hingga implementasinya pada lapangan. Orang ini harus mengerti detil-detil teknis dan non teknis. Detil teknis seperti produksi & lain-lain. Detil non teknis misalnya administrasi, keuangan dan lain-lain. Kemudian masih wajibditambah lagi dengan jam terbang yang tinggi sebagai akibatnya bisa menciptakan proposal yang mengagumkan, mengena obyektifnya, profitable & masih within budget.

Production ManagerSegala seseuatu hal yg berkaitan menggunakan teknis program posisinya dipegang oleh seorang Production Manager. Stage, Light system, Sound System, Front of House, Security, tenda, electricity, & lain-lain bahkan mungkin hingga ke kaos atau topi event sanggup dikerjakan di bagian produksi di bawah pimpinannya. Semakin akbar event-nya, semakin akbar pula “pasukannya”.

Keluwesannya pada berhadapan menggunakan client & ketegasannya buat merogoh keputusan pada waktu genting adalah kunci utama menurut kepiawaian seorang Production Manager. Biasanya, seseorang Production Manager punya beberapa orang yg berperan sebagai tangan kanannya. Ada tangan kanan yg menangani stage, atau lighting, atau sound, atau FoH, atau security/keamanan, atau kelistrikan dan lain-lain. Koordinasi adalah kata kunci pada divisi ini.

Production Manager yg bijaksana akan selalu menilik kesempurnaan hasil produksi divisinya. Seperti istilah pepatah: ”Tak terdapat gading yang tak retak” maka beliau selalu sadar bahwa niscaya akan terdapat kekurangan berdasarkan divisi produksi. Karena itu, umumnya Production Manager selalu meminta direct report apabila ada perseteruan yang terjadi pada bawah wewenangnya. Semakin cepat perkara diatasi, maka semakin sempurnalah hasil pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *