Istilah Penting Dalam Asuransi yang Harus Anda Pahami

Ada banyak istilah penting dalam asuransi yang akan Anda temui. Semakin banyak Anda tahu maka akan membantu dalam memahami perjanjian yang tertuang dalam polis. Sehingga tidak ada kesalahan dalam memahami isi perjanjian dan menjalankan kewajiban dan mendapatkan haknya.

Istilah Penting Dalam Asuransi

Berikut beberapa istilah penting dalam asuransi yang sering ditemui, antara lain:

Agen Asuransi

Istilah agen asuransi memiliki pengertian sebagai pihak perwakilan perusahaan yang memiliki peran dalam memasarkan produk asuransi. Agen asuransi juga memiliki tugas untuk melayani kebutuhan perasuransian nasabah. Setiap pengajuan asuransi mobil all risk bisa Anda lakukan melalui agen asuransi.

Bancassurance

Untuk istilah selanjutnya, yaitu bancassurance merupakan produk asuransi yang dipasarkan oleh bank. Bank memiliki produk asuransi sendiri maupun kerjasama untuk memasarkan produk asuransi dari perusahaan lain.

Biaya Excess

Sedangkan untuk istilah biaya excess merupakan sejumlah uang atau nilai tertentu yang harus Anda keluarkan untuk menutupi kekurangan pembayaran. Biaya excess biasanya bisa Anda temui pada asuransi kesehatan. Contohnya, sejumlah uang untuk membayar biaya kekurangan jasa rumah sakit.

Cuti Premi

Istilah cuti premi merupakan fitur yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Cuti premi ini mengizinkan nasabah berhenti melakukan pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun demikian, polis asuransi tetap berstatus aktif, hanya saja nasabah tidak bisa mengajukan klaim selama masa cuti tersebut.

Field Underwriting

Istilah field underwriting merupakan proses seleksi calon peserta oleh perusahaan asuransi. Pada masa seleksi ini, perusahaan memperhitungkan berbagai risiko dari calon nasabah maupun objek tertentu.

Grace Period

Selain itu, masih ada grace period merupakan masa tenggang yang memiliki nasabah untuk melakukan pembayaran premi. Masa ini pada umumnya 30 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Reimbursement

Klaim reimbursement merupakan jenis klaim di mana nasabah perlu menanggung pembayaran. Jenis klaim ini dilakukan secara tunai terlebih dahulu setelah mendapatkan penggantian dari pihak asuransi.

Masa Tunggu Asuransi

Sedangkan untuk masa tunggu merupakan periode yang harus dilewati pihak tertanggung hingga polis aktif dan bisa mengajukan klaim kembali.

Memahami istilah penting dalam asuransi akan membantu Anda memahami apa yang ada pada polis.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *