Cara Mudah Menjadi Penulis Konten Yang Handal

Cara Mudah Menjadi Penulis Konten Yang Handal

Cari tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang penulisan konten, termasuk Cara Membuat Artikel dan Contohnya Kita semua mengkonsumsi (dan membuat) konten setiap hari. web, posting blog, video, email, posting media sosial, dan format digital serupa adalah semua jenis konten. Dalam banyak kasus, seorang penulis konten akan memiliki andil dalam membuat konten semacam itu. Pada artikel ini, kami memberikan pengantar untuk menulis konten. 

Selain mengeksplorasi apa peran penulis konten, kami juga memeriksa berbagai jenis konten yang mungkin mereka hasilkan, bagaimana mereka menulisnya, dan bagaimana Anda bisa memulai sebagai penulis konten. 

Apa itu penulisan konten? 

Mari kita mulai dengan dasar-dasar – apa itu penulisan konten? Di ranah pemasaran digital, penulisan konten adalah proses memproduksi konten, seringkali untuk tujuan pemasaran. Meskipun Anda mungkin mengaitkan definisi ini dengan hal-hal seperti posting blog dan halaman arahan web, itu juga dapat mencakup segala bentuk konten yang memerlukan perencanaan, penulisan, dan pengeditan. 

Penulis konten akan sering menulis posting blog dan halaman web, membuat posting media sosial dan pemasaran email dan bahkan mengerjakan siaran pers dan skrip video atau audio. Ini adalah bidang bervariasi yang menyentuh berbagai bidang pemasaran digital. 

Copywriting vs penulisan konten 

Perbedaan antara copywriting dan penulisan konten dapat bervariasi tergantung pada siapa Anda bertanya. Seringkali, kedua disiplin ilmu akan tumpang tindih, dan banyak penulis bertindak sebagai copywriter dan penulis konten. Jadi apa bedanya? 

Copywriter biasanya fokus pada membujuk pembaca dan menjual merek. Ini sering kali dalam bentuk pendek, muncul di iklan, produk, tagline, dan jenis salinan pemasaran yang serupa. Konten umumnya cenderung lebih panjang, berfokus pada menginformasikan, mendidik atau menghibur pembaca. 

Mengapa menulis konten penting? 

Anda mungkin sudah memikirkan beberapa cara yang berguna untuk memanfaatkan konten tertulis. Tapi mengapa ini ceruk yang membutuhkan keahlian khusus? Memang benar bahwa setiap orang dapat menulis, tidak cukup hanya dengan meletakkan kata-kata di halaman. Penulis konten dan copywriter harus membuat sesuatu yang menarik, orisinal, menarik, dan akhirnya ditulis dengan baik. 

Manfaat menghasilkan konten berkualitas tinggi seperti itu sangat banyak, dan kami telah memilih beberapa contoh alasannya di bawah ini: 

Ini memberi Anda sesuatu untuk dipasarkan 

Konten membentuk tulang punggung saluran pemasaran digital apa pun. Baik itu salinan bentuk pendek yang muncul di iklan, halaman produk, atau posting media sosial, atau konten bentuk panjang di blog dan whitepaper, kata-kata yang menarik dapat memiliki banyak kegunaan. 

Misalnya, posting blog tentang penulisan konten ini akan muncul di halaman hasil mesin pencari segera setelah diterbitkan. Ini juga dapat ditampilkan di pos media sosial yang dibuat dengan cermat, atau muncul dalam beberapa salinan di salah satu email kami. Kami bahkan dapat menampilkannya sebagai bagian dari aktivitas PPC (iklan bayar per klik) kami. 

Mudah-mudahan, mereka yang membacanya akan merasa tertarik dan informatif, dan bahkan mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang menguasai strategi pemasaran digital dengan ExpertTrack kami. 

Ini membantu dengan SEO 

Salah satu pilar utama dari setiap strategi pemasaran adalah optimasi mesin pencari. Pada dasarnya, Anda ingin memastikan bahwa orang yang menelusuri kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda dapat menemukan Anda secara digital. 

Seperti yang kami jelajahi dalam panduan kami untuk SEO, memastikan konten Anda dioptimalkan untuk mesin pencari pada akhirnya akan membuat web Anda lebih populer dan menghasilkan lebih banyak kesuksesan bisnis. Saat membuat konten digital yang bagus , prinsip SEO harus selalu berperan, memastikan tulisan Anda terlihat oleh mereka yang menganggapnya relevan. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang SEO , Anda dapat melihat ExpertTrack kami yang mengikuti dasar-dasar praktik hingga cara membuatnya menguntungkan. 

Ini menetapkan merek Anda 

Meskipun Anda dan perusahaan Anda mungkin tahu bahwa Anda ahli di bidang Anda, calon pelanggan atau klien Anda mungkin tidak memiliki persepsi yang sama. Dengan menghasilkan konten berkualitas tinggi dan informatif, Anda dapat membangun merek Anda sebagai pemimpin di industri Anda. 

Dengan membuktikan diri Anda sebagai ahli di bidang Anda, Anda mendapatkan suara yang berwibawa, yang membantu membangun kepercayaan dan mendorong bisnis baru. Sekali lagi, penulisan konten memainkan peran besar dalam strategi ini. Anda dapat mengetahui cara membangun merek yang didorong secara sosial dengan kursus digital kami. 

Ini membantu Anda menjangkau orang baru 

Semua orang menikmati konten yang bagus. Apakah itu menceritakan sebuah kisah , menangkap imajinasi Anda, atau membimbing Anda melalui prinsip-prinsip keterampilan baru, itu dapat menginspirasi dan mendidik. Itu juga jenis hal yang orang-orang bagikan dan libatkan. 

Konten yang dibagikan menjangkau orang baru, meningkatkan kesadaran akan merek bisnis Anda, dan memperluas audiens Anda. Demikian pula, konten yang ditulis dengan baik yang menargetkan kata kunci tertentu akan menjangkau orang baru melalui hasil mesin pencari. 

Jenis penulisan konten 

Sepanjang artikel sejauh ini, kami telah menyebutkan berbagai cara berkomunikasi melalui tulisan. Mari kita lihat beberapa di antaranya secara lebih rinci untuk mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan dari jenis tulisan ini: 

blog . Blog sering menjadi bagian sentral dari strategi konten yang kuat. Mereka dapat digunakan untuk mengomunikasikan berbagai ide yang terkait dengan bidang keahlian Anda. Blog umumnya kurang menjual, dan lebih merupakan cara untuk membangun otoritas dan kesadaran merek. 

Email . Area kunci lain dari strategi konten adalah pemasaran email . Ada beberapa cara yang lebih baik untuk menjangkau basis pelanggan Anda selain dengan email yang ditulis dengan baik yang mendorong keterlibatan dengan bisnis Anda. 

media sosial . Saluran sosial mengharuskan penulis untuk memanfaatkan apa yang terkini dan berkomunikasi di dalam dan di berbagai media yang berbeda. Gaya penulisan ini umumnya harus ringkas dan menonjol dari yang lain. 

Salinan iklan dan penjualan . Baik pada iklan cetak atau digital, copy penjualan harus membujuk dan meyakinkan. Sekali lagi, singkatnya adalah inti dari gaya penulisan ini, dan seorang copywriter yang baik dapat menceritakan sebuah kisah dan membangkitkan emosi hanya dengan menggunakan beberapa kata. 

Konten produk . Menjual produk dan layanan membutuhkan keterampilan menulis yang unik. Anda harus menyeimbangkan salinan penjualan dengan SEO dan bercerita. 

Kertas putih . Menulis buku putih membutuhkan pembahasan mendalam tentang subjek tertentu, seringkali dalam detail teknis. Tujuannya adalah untuk mendidik pembaca dan menunjukkan bagaimana suatu masalah dipecahkan. 

Jurnalisme merek . Jenis penulisan konten ini berfokus pada bercerita tentang suatu merek. Ini dapat mencakup format seperti siaran pers, cerita pelanggan atau merek, dan bahkan komunikasi internal.  

Apa yang dilakukan penulis konten?

Seperti yang Anda lihat, ini adalah peran yang dapat bervariasi dalam hal beban kerja. Tetapi jika kita melihat deskripsi pekerjaan penulis konten, apa yang diperlukan? Tentu saja, banyak yang spesifik untuk perusahaan atau industri. Namun, kami telah memilih beberapa elemen utama yang mungkin muncul dalam deskripsi pekerjaan penulis konten:  

Rencana 

Pemasaran konten sering kali menjadi bagian dari strategi yang lebih luas. Seorang penulis konten yang baik akan terlibat dengan proyek dari tahap perencanaan, pemahaman singkat, audiens, dan tujuan konten. 

Mereka mungkin terlibat dalam perencanaan kampanye yang lebih luas, dengan mempertimbangkan ruang lingkup dan dampak proyek, konten tepat yang dibutuhkan, dan apa yang diharapkan untuk dicapai. Mereka juga akan merencanakan setiap bagian dari konten tertulis, berpotensi meneliti kata kunci, praktik terbaik, dan detail lebih lanjut tentang subjek tersebut. 

Menulis

Penulis konten akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam proses penulisan. Sekali lagi, volume pekerjaan akan tergantung pada industri, bisnis, dan ruang lingkup setiap proyek. Beberapa tugas mungkin beberapa ratus kata, yang lain beberapa ribu atau lebih. 

Sebagai seorang penulis, Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan beberapa kata dari salinan yang dibuat dengan hati-hati suatu hari, sementara Anda menulis esai sepanjang hari berikutnya. Anda juga mungkin perlu membuat draf beberapa versi dan melalui proses pengeditan dan persetujuan sebelum pekerjaan Anda siap untuk diterbitkan. 

Sunting 

Meskipun mengedit karya Anda sendiri itu penting, ada kemungkinan Anda juga akan mengoreksi karya penulis lain juga. Selain mempertimbangkan elemen-elemen seperti ejaan, tanda baca, dan tata bahasa, Anda mungkin juga akan bekerja dengan panduan gaya dan dokumen nada suara. 

Ciri dari konten yang baik adalah kualitas dan keakuratan pekerjaan Anda. Itu selalu penting untuk memiliki pandangan kedua (dan kadang-kadang ketiga) pada konten sebelum Anda mengaturnya langsung ke dunia. Demikian pula, menyegarkan konten yang ada dapat memainkan peran penting dalam SEO, artinya Anda mungkin perlu memeriksa dan memperbarui pekerjaan orang lain. 

Tinjauan  

Pada akhirnya, Anda ingin tahu seberapa sukses pekerjaan Anda. Penulis konten dan copywriter setidaknya harus memiliki pemahaman dasar tentang analisis data untuk menilai efektivitas tulisan mereka. 

Saat meninjau apa yang berhasil dan apa yang tidak, sering kali ada beberapa metrik yang perlu dipertimbangkan. Di media sosial, Anda dapat mengukur keterlibatan, di blog, lalu lintas organik. Demikian pula, untuk produk, Anda dapat mempertimbangkan rasio konversi dan pada iklan, rasio klik-tayang.