Penggunaan Mesin Pencari yang Efektif

 

Internet adalah tempat luar biasa yang penuh dengan sumber daya yang dapat sangat membantu kita.

Cara terbaik untuk mencari informasi adalah melalui mesin pencari virtual. Mesin pencari menjelajahi sumber daya di Internet dan memberikan hasil yang berkaitan dengan pertanyaan Anda. Mesin pencari memungkinkan pencarian kata kunci dan menggunakan crawler untuk menemukan situs atau halaman yang sesuai dengan permintaan.

Namun, menemukan informasi yang relevan bagi Anda adalah sebuah tantangan. Setiap hari lebih banyak situs muncul.
Permintaan sederhana seperti “hosting web” di Google menghasilkan 15.100.000 hasil. Sekarang bagaimana pengguna mengetahui situs mana yang berguna bagi mereka, sehingga menciptakan semacam “Kelebihan Informasi”. Bagaimana pengguna yakin akan kualitas informasi?

Hal tentang mesin pencari adalah mereka umumnya menampilkan semua halaman web yang berisi salah satu atau kedua kata yang terkandung dalam permintaan pencarian.

Jadi muncul pertanyaan: bagaimana kita menemukan informasi yang kita cari?

Ada berbagai teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat kueri penelusuran Anda lebih baik yang kemudian akan membantu mencapai hasil yang lebih relevan.

Misalnya jika Anda menggunakan operator “+” dan menyusun ulang kueri Anda menjadi “hosting web” + Windows, itu hanya akan jasa backlink menampilkan situs-situs yang menawarkan hosting Windows. Anda juga dapat menggunakan operator Boolean “DAN”, tergantung pada kenyamanan Anda.

Anda dapat menggunakan operator “-” dan memasukkan “hosting web” – Linux sehingga memberi tahu Google untuk memastikan bahwa itu tidak menampilkan host terkait Linux. Ini sama dengan menggunakan operator Boolean “TIDAK”.

Ada juga kata kunci seperti ADJ, DEKAT dll yang digunakan oleh beberapa mesin pencari. Operator NEAR mencari kata kunci yang ditentukan dalam kueri dalam jarak tertentu satu sama lain, yaitu memastikan bahwa kata kunci “web” & “hosting” ada di halaman yang sama dan ditempatkan berdekatan satu sama lain dalam teks.

Operator ADJ adalah filter yang lebih ketat dan hanya mengembalikan halaman-halaman di mana kata kuncinya bersebelahan yaitu hanya akan mengembalikan halaman di mana kata kunci “web” dan “hosting” disebutkan bersama-sama.

Teknik lain untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang lebih baik adalah dengan menggunakan kueri yang masuk akal. Gunakan kata-kata yang menurut Anda akan dimuat di situs yang Anda cari: “web hosting” lebih baik daripada “Saya ingin web hosting”.

Juga ingat bahwa mesin pencari biasanya mengabaikan kata-kata tertentu seperti “a’, “for”, “of”, “in”, “at” dll.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah bahwa sebagian besar mesin pencari memiliki halaman ‘tips’ yang secara khusus berisi informasi tentang cara melakukan pencarian yang lebih baik di mesin pencari. Itu selalu baik untuk membaca tips ini.

Sebagian besar mesin pencari memiliki opsi pencarian lanjutan yang sangat berguna jika Anda tidak mahir menggunakan operator saat mencari.

Mencari dan menemukan apa yang Anda cari itu mudah jika Anda dipersenjatai dengan pengetahuan tentang cara melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *