Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Serta Adab Dalam Tidur

Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur Beserta Artinya

Sebagai umat muslim yang baik kita ini harus tahu doa bangun tidur dan juga artinya setelah kita tidur pada malam hari. Membaca doa bangunn tidur dan doa mau tidur merupakan adab tidur yang ada di dalam agama islam.

Bagun tidur ini merupakan sebuah nikmat yang wajib kita syukuri karena kita ini masih diberikan kesempatan untuk hidup oleh Allah SWT. Seperti yang ada di dalam NU Online, ada sebuah nasihat yang diberikan oleh Imam al-Ghazali mengenai adab tidur sebagaimana termaktub dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 434).

 

Doa sebelum tidur

Sebelum Anda pergi tidur sebaiknya sebelum bangun tidur Anda ini membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ

Bismillahirrahmanirrahim.

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.”

Doa bangun tidur dan artinya

Setelah kita bangun dari tidur pastikan hal pertama yang dilakukan adalah berdoa kepada Allah SWT. Saat berdoa ambilah posisi duduk yang tenang sambil coba untuk memulihkan kesadaran dan juga keseimbangan badan. Saat hendak membaca doa tidur Anda ini bisa memulainya dengan membaca hamdalah, tujuannya ini untuk memuji Allah SWT. Berikut ini doa bangun tidur yang bisa Anda baca:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahil adzi ahyana ba’da ma amatana wa iliahin nusyur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan.”

Nah itu dia doa bangun tidur yang bisa di baca oleh seluruh umat Islam.

Adab bangun tidur

Seperti yang telah di rangkum di dalam MUI Digitan, didalam sebuah kitab Bidayat al-Hidayah karya Imam Abu Hamid Al Ghazali telah di terangkan mengenai adab seorang muslim saat dia telah bangun dari tidurnya. Ini dia beberapa adab bangun tidur yang bisa dilakukan:

  • Usahakan bangun tidur sebelum waktu subuh
  • Pada saat pertama kali bicara di dalam hati dan juga mulut sebaiknya dzikir kepada Allah SWT. Dzikir ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengingat Allah SWT.
  • Bacalah doa setelah bangun tidur

Selain dari 3 adab dari Imam Al Ghazali yang telah disebutkan di atas, Anda juga di anjurkan untuk mencuci wajah dan juga mencuci tangan sebelum Anda mulai melakukan aktivitas lainnya.

Bukan hanya itu saja Anda juga dianjurkan untuk membersihkan gigi dan juga mulut dengan menggunakan sikat gigi atau bisa juga menggunakan siwak. Anjuran yang satu ini cukup penting untuk diperhatikan karena saat kita sedang tertidur bau dari mulut ini berubah, perubahan ini di sebabkan oleh uap yang ada di perut naik. Ini dia beberapa manfaat lainnya mengenai manfaat dari sikat gigi yang harus Anda tahu:

  • Membersihkan gigi dari sisa makanan
  • Membuat bau mulut menghilang
  • Terhindar dari resiko sakit gigi
  • Mencegah gigi supaya tidak berlubang
  • Membuat kesehatan mulut jadi lebih optimal
  • Mencegah supaya gigi tidak mudah rontok
  • Membuat noda di gigi menghilang
  • Mencegah terkena diabetes
  • Membantu untuk menurunkan berat badan
  • Membuat fungsi kognitif jadi lebih tinggi

 

Nah mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan ini, semoga semua informasi yang telah dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *