Persyaratan Pengurusan Sertifikat Laik Sehat Untuk Usaha Katering dan Restoran

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Mengenai Syarat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restaurant, yang dimaksuarat d Rumah Makan ialah tiap ruang usaha komersil yang ruang cakup aktivitasnya sediakan minuman dan makanan untuk umum pada tempat upayanya. Dan kan Restaurant adalah tipe usaha jasa pangan yang berada di beberapa atau semua bangunan yang tetap di melengkapi dengan perlengkapan dan peralatan untuk proses pembikinan, penyimpanan, penyuguhan dan pemasaran minuman dan makanan untuk umum pada tempat usahanya;

Seterusnya pada pasal 2 disebut seperti berikut :

Tiap rumah makan dan restaurant harus mempunyai ijin usaha dari Pemerintahan Wilayah Kabupaten/Kota sama sesuai ketentuan perundang-undangan yang berjalan.

Untuk mempunyai ijin usaha seperti diartikan pada ayat (1) rumah makan dan restaurant harus mempunyai sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant seperti diartikan pada ayat (2) dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sesudah penuhi syarat seperti tertera dalam Tambahan I.

Sertifikat laik sehat rumah makan/restaurant ialah surat pertanda bukti yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, ke rumah makan/restaurant yang sudah penuhi syarat kesehatan yang terkait dengan : 1) lokasi dan bangunan; 2) sarana sanitasi; 3) dapur dan gudang penyimpanan; 4) pengendalian bahan makanan dan makanan jadi; 6) perlengkapan dan tenaga baik secara fisik atau bakteriologis; dan 7) pemantauan serangga tikus dan hewan peliharaan.

Tata Langkah Mendapat Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah Makan Dan Restaurant sama sesuai tambahan 1 Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Mengenai Syarat Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restaurant, diantaranya :

1. Permintaan Sertifikat

a. Untuk mendapat sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant, pebisnis ajukan permintaan ke Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di tempat.

b. Surat permintaan seperti diartikan butir 1.a. di atas dibarengi tambahan seperti berikut :

Foto copy KTP pemohon yang berlaku.

Peta keadaan dan gambar denah bangunan.

Surat pemilihan penanggung jawab Rumah makan dan Restaurant

Foto copy sertifikat Pelatihan Hygiene Sanitasi Makanan untuk pebisnis.

Foto copy sertifikat pelatihan hygiene sanitasi makanan untuk penjamah makanan minimum satu orang penjamah makanan.

Referensi dari Federasi Rumah makan dan Restaurant

2. Referensi dari Federasi rumah makan dan restaurant, yang mengatakan jika :

a. Rumah makan dan restaurant itu ialah Anggotanya.

b. Rumah makan dan restaurant itu sudah penuhi syarat hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant berdasar hasil pengecekan yang sudah dilaksanakan oleh Federasi.

1). Persyaratan Perkumpulan Asosiasi

a).Federasi ialah instansi yang menampung usaha Rumah makan dan restaurant, berwujud perseorangan, yayasan atau tubuh hukum, organisasi bungkusyarakatan, dan tercatat pada Pemerintahan Wilayah Kabupaten/Kota setempat;

b). Federasi yang sudah ditetapkan sama sesuai perundang undangan yang berlaku;dan,

c). Saat lakukan pengecekan Federasi harus mengaryakan tenaga sanitarian atau tenaga medis lingkungan berpendidikan minimum, Sarjana Muda atau Diploma 3 (D3) yang sudah memperoleh training di bagian Hygiene Sanitasi Makanan dan mendapatkan referensi dari Organisasi Karier.

3. Pengecekan hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant

a. Ketua Federasi rumah makan dan restaurant memutuskan team pemeriksa tes kelayakan rumah makan dan restaurant dengan surat keputusan.

b. Team pemeriksa ini terbagi dalam sanitarian dan pakar yang lain berkaitan dengan jumlah ganjil, minimum tiga orang dan optimal lima orang yang bekerja lakukan pengecekan lapangan dan memandang kelayakan rumah makan dan restaurant.

c. Ketua Team ialah Sanitarian.

d. Team lakukan lawatan dan Pengecekan hygiene sanitasi yang sudah dilakukan mencakup pengecekan lokasi dan bangunan, sarana sanitasi, dapur, kamar makan, gudang penyimpanan, pengendalian bahan makanan dan makanan maka ketentuan dan tenaga baik secara fisik, kimia atau bakteriologis dan pemantauan lalat, kecoa, tikus dan hewan piaraan.

e. Team saat lakukan pengecekan memakai formulir RM.2

f. Team pemeriksa melakukan pekerjaannya dengan penuh pengabdian dan kepribadian dan memberikan laporan hasilnya ke Ketua Federasi rumah makan dan restaurant yang memberikan tugas.

g. Laporan team dibikin dalam informasi acara kelayakan fisik dan informasi acara pengecekan contoh/specimen.

4. Penilaian

a. Untuk setiap faktor yang tertera dalam formulir RM.2 diberi nilai sesuai kondisi kualitas faktor. Skore pengecekan didapat dengan mengalikan berat dengan nilai.

b. Batasan laik hygiene sanitasi rumah makan dan restaurant ialah jika jumlah skore semua faktor/>/700.

5. Pemberian Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Jasaboga :

Sesudah terima dan memandang kelengkapan surat permintaan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restaurant dari Pebisnis dan dengan tambahannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota lakukan pengecekan lapangan dan jika sudah penuhi syarat selanjutnya dikeluarkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restaurant.

6. Ijin Usaha Rumah makan dan Restaurant

Ijin Usaha Rumah makan dan Restaurant dikeluarkan oleh Pemerintahan Wilayah sama sesuai ketentuan perundangan yang berjalan diperlengkapi dengan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

7. Periode Berlaku sertifikat

a. Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah makan dan Restaurant sementara berlaku sepanjang 6 (enam) bulan dan bisa diperpanjang sebanyaknya 2 (dua) kali.

b. Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah makan dan Restaurant masih tetap berlaku sepanjang 3 (tiga) tahun dan bisa diperbarui atau jadi gagal jikamana terjadi penggantian pemilik, berpindah lokasi / alamat, tutup dan atau mengakibatkan berlangsungnya keracunan makanan/pandemi dan Rumah makan dan Restaurant jadi tidak laik hygiene sanitasi.

c. Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi harus terpasang pada dinding yang gampang disaksikan oleh petugas dan warga customer.

Jasa Pengurusan Izin Usaha

Guna mempermudah anda mengurus perizinan usaha, izinin.id memberikan pelayanan pengurusan segala izin usaha yang diperlukan untuk operasional usaha. Layanan yang diberikan berupa layanan jasa pembuatan pt, layanan jasa pengurusan izin lokasi, layanan jasa pendaftaran merek, layanan jasa pengurusaan bpom, layanan jasa izin operasional rumah makan dan katering serta layanan sewa virtual office dengan lokasi yang sangat strategis dan harga yang sangat terjangkau. Silahkan berkonsultasi dengan customer service izinin.id untuk mendapatkan pelayanan gratis konsultasi perizinan untuk menghindarkan anda dari kesalahan prosedur pengurusan izin.