10 Stasiun Kereta Paling Keren di Jepang

 

Jepang terkenal dengan kereta Shinkansen berkecepatan tinggi yang dapat membawa Anda dari A ke B dalam sekejap dan kereta lokal di sepanjang garis pantai Jepang atau melewati pegunungan. 

 

Pemandangan indah dari kereta seringkali menakjubkan dan Anda dapat melihat beberapa atraksi Jepang hanya dengan melihat ke luar jendela kursi Shinkansen Anda. Bagi wisatawan internasional, naik kereta api adalah cara terbaik untuk bepergian di Jepang dalam hal waktu dan uang. 

 

Terutama karena turis internasional dapat menggunakan JR Pass yang memungkinkan Anda bepergian tanpa batas di kereta JR dan sebagian besar Shinkansen untuk jangka waktu tertentu. Selain itu, Jepang juga dikenal dengan kereta super andal dan aman serta bentuk transportasi umum lainnya!

 

Stasiun kereta api adalah gerbang tujuan Anda dan menyambut Anda dengan semangat omotenashi (keramahan) Jepang. Anda mungkin sangat bersemangat untuk mengunjungi tempat wisata mana pun segera setelah Anda tiba di stasiun dan turun dari kereta. 

 

Tapi, mengapa Anda tidak beristirahat sejenak di sana dan melihat keindahannya? 

 

Ada beberapa permata arsitektur di antara stasiun kereta api Jepang dan tanpa diragukan lagi Anda akan terkesan atau bahkan terpesona oleh desain penampilan yang rumit, yang menghibur mata Anda. 

 

Berikut adalah 10 contoh stasiun Jepang yang membuat Anda ingin mengunjunginya.

 

1. Stasiun Kanazawa

 

Stasiun Kanazawa terletak di kota Kanazawa, ibu kota prefektur Ishikawa. Kota ini sering disebut sebagai ‘Kyoto kecil’ dan mudah untuk memahami alasannya ketika Anda berjalan-jalan. Dari Kanazawa Anda juga memiliki akses mudah ke beberapa destinasi indah lainnya seperti Shirakawago dan Takayama. 

 

Anda bisa sampai ke Kanazawa menggunakan Hokuriku Shinkansen dan beberapa jalur lokal (JR West Hokuriku  path , IR Ishikawa Railway). Bangunan stasiun futuristik selesai pada tahun 2005 dan menunjukkan beberapa kemiripan dengan gerbang Torii menurut banyak orang. Stasiun ini terdaftar sebagai salah satu “Stasiun Kereta Terindah di Dunia” oleh majalah perjalanan Amerika “Travel and Leisure” pada tahun 2011. 

Dikatakan bahwa lengkungan merah yang mengesankan ini disebut Tsuzumi-mon (鼓門) dan dirancang berdasarkan gambar tsuzumi, gendang tradisional Jepang, biasanya digunakan di Nogaku, salah satu teater tradisional Jepang.

 

2. Stasiun Mojiko (Fukuoka)

 

Pulau terbesar kedua di Jepang, Kyushu, adalah tujuan indah yang terkenal dengan jalur keretanya yang indah, dengan kereta uap tua dan pemandangan yang indah. Stasiun Mojikō adalah salah satu stasiun menakjubkan di prefektur Fukuoka, yang dikenal sebagai stasiun awal Jalur Utama Kagoshima (JR Kyushu). 

 

Jalur kereta ini menghubungkan Mojiko di Kyushu utara sampai ke Kagoshima di selatan. Mojiko memiliki reputasi yang baik untuk “tempat di mana Anda dapat merasakan suasana Jepang kuno” dan bagian luar stasiun ini tidak terkecuali. Stasiun Mojiko adalah arsitektur kayu yang dibangun pada tahun 1914, dan pada saat itu orang mulai menerima banyak pengaruh dari negara-negara Barat dan mengembangkannya sebagai budaya populer Jepang. Desain eksterior bergaya renaisans mempertahankan sisa-sisa masa itu bahkan sekarang.

 

3. Stasiun Todoroki (Aomori)

 

Sebuah gubuk kayu kecil berdiri sendirian di tepi laut? Apakah seseorang tinggal di sana? Tidak, ini adalah stasiun kereta api terpencil di prefektur Aomori, bagian utara Jepang yang menghadap ke Laut Jepang. Stasiun kereta tak berawak adalah salah satu stasiun di Jalur Gono, yang membawa Anda melewati pemandangan tepi laut Shirakami-Sanchi yang menakjubkan, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. 

 

Melangkah keluar dari kereta di sini, laut luas menyambut Anda terlebih dahulu. Sebelum meninggalkan stasiun, Anda bisa menginap sejenak di sana untuk menikmati keindahan laut ini dengan semilir angin laut yang lembut. Setelah menikmati jalan-jalan, jangan lupa mampir saat matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di bawah cakrawala pasti menjadi kenangan mengesankan yang tidak bisa Anda lupakan.

 

4. Stasiun Kizukuri (Aomori)

 

Dari Stasiun Todoroki, Anda dapat naik kereta mengikuti garis pantai prefektur Aomori ke stasiun luar biasa lainnya: Stasiun Kizukuri. Jalur kereta ini, Jalur Gono, dikenal dengan rangkaian bentang lautnya yang menakjubkan. Terutama pemandangan matahari terbenam akan membuat Anda takjub! Saat mengunjungi stasiun Kizukuri, Anda akan menemukan bahwa stasiun ini dijaga oleh patung besar Shakoki-Dogu. 

 

Patung batu besar dan aneh yang dibangun di bagian depan stasiun ini memiliki panjang 17m (55,77 kaki) dan dibuat berdasarkan gambar Dogu, patung tanah liat yang terutama dibuat selama periode Jomon (c.14.000 – 300 SM). Kota Kizukuri terkenal dengan Situs Zaman Batu Kamegaoka (亀ヶ岡石器時代遺跡), sebuah situs bersejarah yang penting untuk mempelajari gaya hidup orang-orang yang tinggal di sana selama periode Jōmon. Boneka Dogu ini memiliki beberapa bentuk, dan Dogu Stasiun Kizukuri dikatakan diklasifikasikan sebagai Shakokidogu 

 

8. Stasiun Uji-yamada (Mie)

 

Jika Anda lebih suka stasiun bergaya retro daripada stasiun modern, Stasiun Ujiyamada akan menjadi rekomendasi yang bagus untuk Anda. Stasiun ini terletak di Ise Shima sebuah daerah di bagian selatan Prefektur Mie yang dikenal sebagai daerah yang penuh dengan pemandangan indah dan spot menarik. 

 

Stasiun UjiYamada memiliki dua peron, jalur Yamada dan jalur Toba (Kintetsu Railway), dan merupakan terminal terdekat dari tempat wisata terkenal Kuil Agung Ise, salah satu kuil Shinto paling suci di Jepang. Anda bisa sampai di sana dengan taksi atau bus dari stasiun. 

 

Stasiun Ujiyamada sebagian besar dibangun dari beton dan gaya terakota romantis dirancang di bagian luarnya. Setelah menjelajahi Kuil Agung Ise yang megah, berbelanja di Time’s Place UjiYamada akan menjadi perjalanan wisata yang sempurna untuk Anda. Time’s Place Uji Yamada adalah kawasan perbelanjaan yang terdiri dari 13 toko tempat Anda dapat membeli makanan dan suvenir lokal. Distrik ini berbatasan dengan bangunan stasiun, yang sangat nyaman untuk semua wisatawan.

 

9. Stasiun Okuoikojo (Shizuoka)

 

Jadikan perjalanan Anda lebih indah dengan naik igawa Railway menuju Stasiun Okuoikojo di Prefektur Shizuoka, setengah jalan antara Tokyo dan Kyoto. Stasiun ini dikelilingi oleh alam yang menakjubkan dan terletak di tebing di tengah Sungai Oi! Ketika Anda sampai di Stasiun Okuoikojo, Anda akan menemukan diri Anda dikelilingi oleh lembah hijau zamrud yang indah. 

 

Pergilah ke dek observasi untuk melihat-lihat dan lihat area salah satu jalur kereta api paling berharga di Jepang. igawa Railway adalah satu-satunya perusahaan kereta api yang menyediakan layanan lokomotif uap (SL) selain kereta lokal di Jepang! Jika Anda ingin merasakan layanan SL ini, pastikan untuk memesan kursi terlebih dahulu di situs resmi mereka.

 

10. Stasiun Hoshakuji (Tochigi)

 

Rekomendasi terakhir adalah Stasiun Hoshakuji sebagai stasiun persimpangan Jalur Utama Tōhoku dan Jalur Karasuyama. Sebuah gerbang yang mengesankan dihiasi dengan langit-langit kayu hangat yang memiliki desain khas menyambut Anda pertama kali ketika tiba di sana. 

 

Stasiun ini dirancang oleh Kengo Kuma, seorang arsitek Jepang yang juga merancang Stadion Nasional Jepang, Starbucks Reserve Roastery Tokyo di Nakameguro dan teater Kabukiza di Ginza. Dengan desain yang indah ini, Kuma bertujuan untuk menghubungkan kembali lingkungan timur dan barat stasiun yang telah kehilangan hubungan dan konektivitasnya.

 

Karena stasiun kereta api dianggap sebagai gerbang kota atau kota, banyak dari mereka telah mencoba untuk mencerminkan fitur lokal mereka pada desain eksterior untuk menarik wisatawan. 

 

Apakah Anda menemukan desain stasiun kereta favorit Anda di artikel ini? 

 

Tidak hanya stasiun-stasiun yang disebutkan di atas saja yang patut dikunjungi, Jepang memiliki lebih banyak lagi stasiun-stasiun berkarakteristik. Semua bersemangat untuk bagian selanjutnya dari perjalanan mereka, orang cenderung melewatkan desain stasiun kereta mana pun. 

 

Tapi jangan lupa untuk menikmati lingkungan sekitar stasiun juga. Semua desainer stasiun kereta ingin menyambut Anda dan ingin Anda kembali lagi suatu hari nanti melalui stasiun kereta yang mereka rancang.

 

Baca : Berikut 9 Anime “Turunan” Attack on Titan

 

Baca : 15 Makanan Jepang yang Populer di Indonesia