Fungsi Selimut Barah Dan Cara Menentukan Bahannya Menggunakan Sempurna

Selimut barah atau fire blanket wajibada buat proteksi kebakaran. Menyimpan & menggunakan fire blanket sangat gampang sebagai akibatnya cocok sebagai pertolongan pertama saat kebakaran terjadi.Apa Fungsi Selimut Api?

Selimut barah atau fire blanket umumnya dipersiapkan pada dapur dan digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B (benda cair gampang terbakar), kelas kebakaran F (lemak & minyak untuk memasak) & kelas kebakaran A (benda padat gampang terbakar).  Pada dasarnya, selimut api terbuat berdasarkan bahan yang tahan api. Sehingga, sanggup buat memadamkan barah kecil atau buat membungkus individu yang terkena api.

Selimut barah terbuat dari dua lapisan kain fiberglas & lapisan dalam yg terbuat dari film tahan api. Selimut api bekerja sangat efektif dengan memutus suplai oksigen (yang diharapkan barah buat menyala pada segitiga barah) sehingga api bisa padam (smothering).Cara Menggunakan Fire Blanket

Sebagai indera pemadam api yang efektif saat terjadi kebakaran mini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara memakai fire blanket, nah ayo simak langkah-langkahnya di bawah ini:Tarik selimut api menurut wadahnya dan pegang erat-erat pada tali kainnya.Untuk mencegah terkena jilatan barah dalam tangan & lengan, pastikan engkaumembungkus tangganmu dengan ujung fire blanket.Berjalan menuju titik api dengan fire blanket menjadi perisai pada depan, perhatikan arah angin dan jangan melawan arah angin ketika menuju ke titik barah.Letakan fire blanket di atas titik barah menggunakan hati-hati dan perlahan, jangan sekali-kali melempar fire blanket pada titik api, lantaran bisa memicu bara barah menyebar.Pastikan engkausudah menutupi seluruh area kebakaran buat memutus genre oksigen, sehingga barah bisa padam.Tunggu hingga asap putih menggepul sebagai tanda barah telah sahih-sahih padam.

Untuk lebih jelasnya praktik penggunaan fire blanket mampu cek video di bawah ini:

Penting buat diperhatikan saat hendak memakai selimut api!Ingatlah apabila api lebih besardari ukuran selimut api, jangan mencoba buat memadamkannya menggunakan selimut barah. Keluar menggunakan kondusif dari area kebakaran & segera hubungi pemadam kebakaran.Setelah menggunakan selimut, jangan sentuh selimut api atau apa pun yg ada pada bawahnya selama setidaknya satu jam selesainya barah padam.Setelah memakai selimut barah, segera buang & sediakan selimut barah baru menjadi pengganti.Meskipun selimut api sanggup digunakan memadamkan barah, kami tetap menyarankan ketersediaan APAR dan juga sistem proteksi kebakaran menyeluruh.Perbedaan Bahan Fire Blanket

Ada 2 jenis bahan fire blanket yg dapat engkaucek di bawah ini sebagai refrensi:Wol

Wol secara alami memiliki kandungan nitrogen dan air yg tinggi. Sifat ini menciptakan bahan ini sangat tahan api. Hal penting lainnya yang penting merupakan wol nir meleleh, menetes atau melekat pada kulit waktu terbakar. Dengan demikian, wol adalah serat yang sangat baik buat dipakai menjadi selimut api.Titik bakar dalam suhu tinggi 550-600 °C.Indeks oksigen tinggi (taraf oksigen yg memicu bahan buat terbakar).Dapat padam sendiri ketika terbakar.Panas pembakaran rendah (jumlah panas yg keluar dalam proses pembakaran).Aman buat digunakan buat kebakaran elektrikal (kelas kebakaran C).Fiberglass

Fiberglass adalah bahan selimut api yang paling efektif dan generik pada pasaran. Bahan fiberglass terbuat dari anyaman benang kaca menggunakan bentuk fleksibel. Bahan tersebut juga merupakan adonan benang silikon atau fiberglass berlapis grafit.

Selimut barah yang terbuat dari fiberglass bisa dipakai menjadi “perisai” terhadap kebakaran, lantaran nir hanya melindungi berdasarkan api tetapi juga panas. Selimut api fiberglass bisa melindungi berdasarkan suhu yg lebih tinggi daripada wol. Fiberglass dapat tahan terhadap panas barah menurut 260 °C. Bahan ini pula bisa menunda percikan logam cair sampai 1200 ° C. Maka menurut itu, fire blanket fiberglass acapkali dipakai di rumah, kantor, pabrik, bengkel, dll.Tekstur padat dan lembut.Toleransi panas yg lebih tinggi menurut wol.Kuat & tahan bahan kimia.Terbaik buat kebakaran yg kelas kebakaran B & minyak dan F.

Nah, bila kamu sedang mencari fire blanket menggunakan bahan fiberglass, kami punya rekomendasi buatmu. Coba cek fire blanket berdasarkan Firefix. fire blanket berdasarkan Firefix 100% dibentuk berdasarkan bahan fiberglass berkualitas dan tahan barah. Tersedia ukuran 1.2 m x 1.dua m & 1.8 m x 1.8 m yg bisa engkausesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *