Mengenal Jenis – Jenis Saham Preferen Dan Kelebihannya

Jangan Salah, Ini 6 Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham

Salah satu jenis saham yang bisa diperjualbelikan di bursa efek adalah saham preferen. Investor saham preferen memiliki hak lebih dibandingkan pemegang saham biasa.

Saham preferen merupakan jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset serta laba perusahaan. Saham preferen adalah gabungan dari obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi investornya.

Saham preferen merupakan jenis saham yang memiliki hak istimewa, antara lain :

  • Lebih didahulukan dalam hal pembagian dividen dibandingkan dengan pemegang saham biasa.
  • Mempunyai hak pembayaran dividen tetap yang jumlah besarannya sama dengan (bunga) deposito.
  • Jika perusahaannya bangkrut atau dilikuidasi, investor saham preferen akan diprioritaskan untuk mendapatkan aset perusahaan ataupun pembayaran kembali permodalan.
  • Jenis saham preferen bisa dikonversi dengan saham biasa.
  • Jenis saham preferen ada yang diperdagangkan di bursa saham, namun ada juga yang tidak, tergantung perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hak istimewa investor saham preferen sekaligus keuntungan saham preferen yang bisa menjadi pertimbangan dalam investasi saham.

Saham preferen dibagi menjadi lima jenis saham, yaitu :

  1. Saham Preferen Partisipasi (Convertible Preferred Stock)

Saham preferen partisipasi ini merupakan jenis saham preferen yang memberikan investornya dividen tambahan berdasarkan kondisi yang sudah ditentukan. Contohnya, saat jumlah dividen yang diterima investor saham biasa melebihi jumlah per saham yang sudah ditetapkan.

  1. Saham Preferen Konvertibel (Convertible Preferred Stock)

Saham preferen konvertibel atau saham preferen yang bisa dikonversi (ditukar) ini merupakan jenis saham yang menyertakan opsi bagi investornya untuk mengubah saham preferen menjadi sejumlah saham biasa setelah tanggal yang ditentukan.

Jenis saham preferen ini bisa dikonversi atas permintaan langsung pemegang saham, atau ketentuan dari pihak perusahaan. Nilai saham yang bisa ditukar didasarkan pada kinerja saham biasa.

  1. Saham Preferen Disesuaikan (Adjustable Rate Preferred Stock/ARPS)

Saham preferen disesuaikan ini merupakan jenis saham preferen dimana dividen yang dibayarkan bervariasi. Nilai dividennya ditentukan berdasarkan pergerakan kurs dan suku bunga acuan.

Jadi, jumlah pembayaran dividen jenis saham preferen ini disesuaikan atau tidak tetap. Nilainya bisa turun jika suku bunga acuan turun, dan sebaliknya.

  1. Saham Preferen Yang Bisa Ditebus (Callable Preferred Stock)

Saham preferen yang bisa ditebus ini merupakan jenis saham preferen yang bisa ditebus oleh penerbit maupun perusahaan pada nilai yang sudah ditetapkan sebelum tanggal jatuh tempo. Biasanya perusahaan melakukan ini untuk mendapatkan pembiayaan karena menggabungkan ekuitas dan utang.

  1. Saham Preferen Kumulatif (Cumulative Preferred Stock)

Saham preferen kumulatif merupakan jenis saham preferen yang mengharuskan perusahaan untuk membayar semua dividen, termasuk juga tunggakan dividen sebelumnya kepada investor saham ini. Harus didahulukan sebelum investor saham biasa.

Itulah jenis jenis saham preferen yang perlu diketahui. Lantas, bagaimana cara membeli saham preferen? Membeli jenis saham preferen di bursa saham tidaklah mudah. Pasalnya, saham preferen yang beredar jumlahnya sangat terbatas. Apalagi, biaya modal saham preferen terbilang cukup besar.

Kebanyakan pembelinya adalah institusi dan jarang sekali investor individu atau perorangan. Institusi tersebut membelinya dalam jumlah besar. Itulah alasan utama kenapa perusahaan menerbitkan saham preferen, sebab perusahaan ingin mendapatkan modal dalam jumlah besar yang bisa digunakan untuk kepentingan bisnis perusahaan.

Sebenarnya cara membeli saham preferen bisa melalui perusahaan sekuritas online untuk investor perorangan. Jadi, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu lebih detail tentang hal itu kepada pihak sekuritas pilihanmu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *