Informasi Mengenai Tanaman Temu Kunci

 

Ada banyak sekali tanaman suku temu-temuan yang rimpangnya dapat dipakai sebagai rempah-rempah. Jahe, lengkuas (laos), kunyit, kencur jadi dan temu kunci jadi beberapa temu-temuan yang rimpangnya dipakai sebagai rempah dan biasa ada pada dapur beberapa rumah orang Indonesia. Temu kunci jadi salah tanaman dengan rimpah yang unik dan biasa dijadikan penyedap pada masakan sayur bening (sayur kunci). Berlainan dengan beberapa rimpang temu-temuan bumbu yang lain, pemakaian temu kunci tidak demikian kerap. Dia cuman seringkali dipakai untuk bumbu penyedap wajib di dalam sayur bening. Temu kunci lumayan gampang dikenal saat berada di dapur. Dia berlainan dengan rimpang dari jahe, lengkuas, kencur dan kunyit. Agar semakin mengenali mengenai tanaman dan beberapa ciri dari temu kunci, baca saja di bawah ini!

 

Informasi Mengenai Tanaman Dan Rimpang Dari Temu Kunci

 

Temu kunci sebagai tanaman terna dari keluarga temu-temuan (Zingiberaceae) dengan genus Boesenbergia. Nama ilmiah dari tanaman temu kunci ialah Boesenbergia rotunda atau Curcuma rotunda. Dalam Bahasa Inggris, temu kunci disebutkan dengan fingerroot. Tanaman ini sebagai tanaman asli Indonesia, Dia banyak tumbuh di Jawa dan Sumatera. Selainnya di Indonesia, tanaman ini diketemukan di teritori Indocina, Beberapa negara di Asean, India, China, dan Srilanka. Saat musim penghujan datang, rimpang yang ditinggal tanaman yang mati dapat tumbuhkan tanaman baru kembali. Temu kunci bisa tumbuh di daratan rendah sampai ketinggian 1000 mdpl. Perkembang-biakan ini terjadi secara generatif lewat rimpang tumbuhan . Maka pergandaan tanaman biasa dilaksanakan dengan menggunting tunas dan mengalihkannya dari barisan rumpun tanaman induk.

 

Tinggi tanaman temu kunci bisa capai 50 cm. Dia mempunyai tangkai lunak yang dari pelepah dan batang daun. Pangkal bawah pelepah tanaman temu kunci mempunyai warna merah. Temu kunci mempunyai daun tunggal yang besar berupa langset (lonjong) dengan warna hijau dan jalur menyirip. Permukaan daun tanaman lembut dan mempunyai ujung meruncing. Tanaman ini mempunyai bunga majemuk. Bunga ada dari celah pelepah daun tumbuhan. Bunga tertutupi dengan seludang saat kuncup. Kelopak bunga memiliki ukuran kecil sama ukuran 2 cm. Mahkota bunga berbentung seperti terompet, yakni silinder dan memotong dan mempunyai beberapa lembar mahkota di bagian atas kelopak. Waktu berbunga tanaman terjadi 2x dalam setahun, yakni pada bulan Januari-Februari dan April-Agustus. Bila berdasar musim, karena itu terjadi pada musim penghujan dan mendekati musim kemarau.

 

Sama dengan tanaman temu-temuan umumnya, rimpang jadi sisi paling penting dari tanaman temu kunci yang digunakan oleh manusia. Rimpang temu kunci berupa memanjang kebawah dengan warna kuning-kecoklatan. Rimpang ini berupa seperti jemari, kecil dan tumbuh memanjang. Karena ini juga dia dikatakan sebagai fingerroot. Di bagian pokok rimpang, warna kuning dan dikitari warna terbuka kekuningan. Pada rimpang ini melekat akar-akar serabut.

 

Rimpang tumbuhan yang umum dikatakan sebagai temu kunci ini mempunyai manfaat sebagai rempah-rempah yang dipakai untuk penyedap masakan. Berlainan dengan famili-kerabatnya dari temu-temuan yang demikian kerap dipakai sebagai bumbu masak, temu kunci semakin sedikit pemakaiannya. Sayur bening dan oseng jadi dua contoh masakan yang memakai temu ini sebagai penyedapnya. Selainnya sebagai bumbu masak, rimpang temu kunci bisa juga dipakai sebagai penyembuh. Dia dapat dipakai sebagai pereda sariawan, menyembuhkan batuk dan peluruh dahak, menambahkan selera makan, menyembuhkan infeksi mulut, memperlancar air ASI, dan lain-lain. Saponin, flavonoid pinostrolerin, alipinetin, damar, pati, minyak atsiri jadi zat-zat yang ada pada rimpang temu kunci. Temu kunci bisa juga bermanfaat sebagai anti bakteri dan parasit, anti oksidan, anti kanker, anti inflamasi, antipiretik dan ada banyak kembali yang lain.

 

Begitu keterangan ringkas berkaitan dengan “Mengenali Temu Kunci, Tanaman Yang Rimpangnya Jadi Bumbu Harus Sayur Bening”. Tulisan ini sebagai pertimbangan penulis berdasar pada pengetahuan, penilaian, dan dari rekomendasi yang penulis kenali. Minta maaf bila ada kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan atau Info! Terima Kasih.

 

Rekomendasi : Tukangpohon.com