Rekomendasi DNS Tercepat Untuk Wifi

Domain Name System (DNS) adalah daftar informasi web yang mengelola dan rekognisi data-data domain atau nama host. DNS digunakan untuk mengetahui lokasi IP melalui nama Host-nya. Berikut sepuluh rekomendasi DNS tercepat untuk wifi yang anti lelet dan aman digunakan. Penasaran apa saja? Simak uraian berikut:

1. Google Public DNS

Google merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa dan produk dalam lini internet. Teknik google dalam membranding produk serta jasanya berhasil membentuk citra positif untuk perusahaan. Kredibilitas google terhadap produk dan jasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi karena keamanan data pengguna berada dalam sistem yang cukup terjaga, termasuk Google Public DNS ini.

Kredibilitas google membuat orang-orang percaya bahwa produk Google Public DNS ini menyediakan koneksi yang aman dan dapat mempercepat sistem ketika sedang browsing. Google menggunakan lalu lintas cache dalam spektrum besar sehingga performanya cukup baik dalam peningkatan koneksi. Selain itu DNS ini bisa diakses secara gratis melalui IP address 8.8.8.8 atau 8.8.8.4.

2. CloudFlare

DNS ini bisa diakses menggunakan server primer 1.1.1.1 serta 1.0.0.1 sebagai server sekunder. Layanan DNS publik yang ditawarkan Cloudflare diyakini sebagai provider DNS tercepat untuk wifi saat ini. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses data hanya tiga belas millisecond. Hal ini membuktikan bahwa layanan ini cukup unggul dalam kecepatan dibandingkan DNS Public lainnya.

Selain memberikan performa cukup cepat, layanan ini juga menawarkan keunggulan lain seperti keamanan data pengguna yang dapat dipertanggungjawabkan. CloudFlare mengklaim bahwa data pengguna hanya bertahan selama 24 jam dalam sistem, melebihi waktu tersebut, data pengguna akan hilang secara otomatis. Hal ini menjadi jaminan bahwa data pengguna tidak akan bocor ke publik.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka Blokir WiFi Indihome Agar Bisa Digunakan Kembali

3. OpenDNS

DNS publik tercepat selanjutnya adalah OpenDNS dengan menawarkan waktu proses respon hanya dua puluh dua millisecond. Layanan ini dinaungi oleh salah satu perusahaan jaringan teknologi yang terkenal dan terbesar di dunia, Cisco. OpenDNS didirikan tahun 2006 dan makin berkembang hingga kini.

IP address layanan DNS ini menggunakan server primer dan sekunder yaitu 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Provider ini menawarkan pelayanan terbaik dari yang gratis hingga berbayar. Fasilitas yang ditawarkan pada masing-masing paket tentunya memiliki keunggulan berbeda. Biaya yang dibebankan pada paket premium berbayar adalah $20 per tahunnya.

4. Quad9

Alamat IP server primer dan server sekunder Quad9 adalah 9.9.9.9 dan 149.112.112.112. Layanan ini dapat digunakan secara gratis sejak kehadiran pertamanya pada tahun 2016. Quad9 membutuhkan waktu empat puluh millisecond untuk merespon data, menjadikan layanan ini tergolong sebagai DNS tercepat untuk wifi.

Layanan ini mengklaim cukup peduli terhadap keamanan dan privasi penggunanya, sehingga mereka menyediakan layanan untuk tidak mentranskripsikan IP address pengguna dalam sistem. Server ini secara otomatis akan memblokir malware, phising, dan beragam ancaman berbahaya lainnya dalam jaringan.

5. SafeDNS

Provider ini berdiri sejak tahun 2010 dan tergolong menjadi DNS tercepat untuk wifi yang hanya membutuhkan waktu respon kurang lebih empat puluh millisecond. Web filteringnya menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang sanggup mengelompokkan ribuan domain dan miliaran permintaan DNS dalam sehari.

SafeDNS juga menawarkan fitur Parental Control berupa penyaringan DNS berlapis, penyaringan berdasarkan kategori, penyaringan ketepatan tinggi, serta pengawasan kualitas saringan. Namun, seperti DNSFilter, sayangnya provider ini tidak menyediakan layanan gratis. Layanan ini menawarkan paket mulai dari $19 pertahun.

Jika membutuhkan performa maksimal serta optimal ketika berselancar dalam jaringan internet, DNS default dari ISP harus diganti dengan layanan DNS publik. Itu tadi beberapa provider penyedia layanan DNS tercepat untuk wifi yang anti lelet. Masing-masing provider memiliki variasi pelayanan yang diberikan, pengguna bisa memilah-milahnya sesuai kebutuhan.

Dapatkan artikel teknologi lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com