Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari Secara Alami dan Sederhana

Kulit Terbakar MatahariSinar matahari memang penting untuk manusia. Namun, di sisi lain, pada sebagian orang, sinar matahari terkadang bisa menyebabkan sunburn atau kulit terbakar matahari.

Jika anda adalah orang yang memiliki masalah kulit terbakar ketika terkena paparan sinar matahari, anda jangan khawatir karena semua kondisi pasti ada herbal dan cara penanganannya.

Efek Paparan Sinar Matahari Pada Kulit

Ada beberapa efek negatif yang bisa terjadi pada kulit jika anda terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Diantara efeknya adalah sebagai berikut.

Kulit Menghitam

Jika anda sering terkena matahari, jangan heran jika anda akan memiliki kulit yang kehitam hitaman. Namun, jika anda memiiliki kondisi demikian, anda jangan terlalu khawatir karena kondisi kulit anda bisa kembali seperti semula.

Cara untuk mengembalikan kondisi kulit adalah menggunakan bahan bahan tertentu untuk memutihkan kulit serta menggunakan pelembap kulit ketika akan keluar rumah.

Kanker Kulit

Pada kondisi yang lebih parah, anda bisa terkena penyakit penyakit tertentu akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Misalnya seperti kanker pada kulit.

Seperti diketahui, sinar matahari mengandung ultraviolet atau UV yang bisa merusak sel sel pada kulit. Dalam jangka panjang, kerusakan sel yang parah pada kulit dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit terbakar matahari. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Kompres Dengan Air Dingin

Jika anda mengalami peradangan atau rasa perih karena kulit yang terbakar oleh matahari, anda bisa melakukan kompres air dingin pada bagian yang terasa perih.

BACA JUGA  Cincin Nikah Berlian dan Tunangan, Panduan Pilihnya

Dengan mengompres air dingin selama beberapa menit, diharapkan bagian yang perih dapat berangsur pulih karena efek dingin yang ditimbulkan oleh air es yang anda gunakan.

Gunakan Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut. Gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

Begitupun jika misalnya kulit anda terbakar oleh matahari. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya, baik dalam bentuk tanaman murni ataupun gel yang ada dalam produk kemasan.

Jika anda menggunakan tanaman lidah buaya murni, anda tinggal memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu, anda tinggal mengoleskan bagian gel pada kulit yang terbakar.

Gunakan Timun

Ketimun atau biasa disingkat timun kaya akan antioksidan alami yang bermanfaat untuk kulit. Maka dari itu, jangan aneh jika banyak orang yang menggunakan timun untuk maskeran.

Pada penderita kulit terbakar, timun juga bisa digunakan untuk meredakan luka. Anda tinggal memotong timun menjadi beberapa bagian kecil lalu meletakannya pada area kulit yang terbakar.

Gunakan Yoghurt

Bukan hanya untuk melancarkan pencernaan. Ternyata, yoghurt bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa perih pada kulit yang terbakar.

Anda tinggal mengoleskan yoghurt murni pada area yang terluka setelah itu anda tinggal diamkan sampai mengering dan membilasnya dengan air sampai bersih.

Oleskan Madu

Sudah sejak lama madu digunakan untuk penyembuhan pada luka, termasuk diantaranya adalah luka bakar pada kulit yang terlalu sering kena matahari.

Anda bisa menuangkan madu dan mengoles oleskannya pada bagian kulit yang terluka. Madu mempunyai sifat sifat yang memang bisa membuat luka cepat sembuh.

 

Namun, yang perlu dicatat, anda harus menggunakan madu murni ketika melakukan ini semua. Anda harus berhati hati terhadap setiap produk madu yang dijual secara bebas karena sekarang ini produk madu memang sering dipalsukan.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Ini Cara Resmi Mengaktifkan Tokopedia Paylater