Ketahui Beragam Penyebab Trombosit Rendah Dari SehatQ

Ketika trombosit rendah, tentu saja dapat menyebabkan gangguan pada tubuh dan Anda harus menaikkan jumlahnya agar tetap stabil. Trombosit yang rendah banyak disebabkan oleh sakit demam berdarah di mana bisa menyebabkan Anda kehilangan trombosit yang banyak. Namun ada kalanya juga beberapa kondisi yang bisa menyebabkan trombosit Anda menurun.

Seseorang yang mengalami penyakit trombositopenia atau trombosit turun punya trombosit yang tidak lebih dari 150.000 keping per mikroliter darah. Sementara untuk trombosit yang batasnya normal di angka 150.000 sampai 450 ribu per mikroliter.

Penyebab Trombosit Turun

Trombosit diproduksi oleh sumsum tulang yang punya peranan penting dalam memproses pembekuan darah. Ketika trombosit turun, maka Anda akan rentan mengalami pendarahan. Berikut beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan trombosit turun selain demam berdarah.

1. Produksi Trombosit Berkurang

Hal pertama yang terjadi ketika trombosit turun adalah produksi trombosit yang berkurang. Sumsum tulang sendiri adalah bagian tubuh yang terdiri dari sel induk atau sel punca yang berperan memproduksi sel darah merah, putih dan juga trombosit. Ketika sel punca mengalami kerusakan, maka sel darah merah ikut rusak dan trombosit ikut turun pula.

Trombosit yang turun atau produksinya berkurang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kanker, anemia aplastik, konsumsi obat-obatan dan infeksi virus. Waspadai beberapa penyakit tersebut yang bisa menjadi salah satu penyebab trombosit turun.

2. Tubuh Menghancurkan Trombosit Sendiri

Berikutnya ada juga kondisi di mana tubuh menghancurkan trombosit di dalam darah sehingga kadar trombosit jadi turun. Disebabkan karena beberapa penyakit seperti misalnya autoimun dimana kekebalan tubuh berbalik menyerang sel-sel tubuh yang sehat, termasuk sel induk darah di dalam sumsum tulang.

BACA JUGA  Cara Tarik Tunai E- Money Di Indomaret,Alfamart Dan ATM

Pada kasus trombositopenia sistem kekebalan tubuh akan menyerang trombosit di dalam tubuh. Selain itu bisa juga karena reaksi obat-obatan tertentu yang ada konsumsi sehingga tubuh bingung dan menghancurkan sel-sel trombosit yang normal.

Faktor lainnya bisa juga karena kehamilan yang memicu penurunan jumlah trombosit apalagi bagi wanita yang mendekati waktu melahirkan. Penyebab turunnya trombosit pada ibu hamil belum diketahui secara pasti.

3. Trombosit Tertahan Di Limpa

 ada juga kondisi di mana trombosit sepertiga dari totalnya ditampung di dalam limpa yang menyebabkan pembengkakan limpa. Jika hal ini terjadi terus maka trombosit tertahan di dalam limpa dan darah yang beredar dalam tubuh akan kekurangan trombosit secara otomatis.

Kondisi ini sendiri terjadi karena kondisi medis seperti sirosis atau kanker hati. Bisa juga disebabkan oleh luka pada sumsum tulang yang membuat limpa membekak dan trombosit turun.

Ketika trombosit turun maka anda harus mengetahui cara menaikkannya dengan tepat, yaitu dengan konsumsi makanan sehat dari bahan alami ataupun mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan menjalani prosedur medis. Dapatkan juga informasi mengenai trombosit mulai dari fungsinya hingga tips menaikkan trombosit yang rendah dan menurunkan trombosit yang tinggi lewat SehatQ.

Platform kesehatan keluarga ini tidak hanya membantu anda untuk mendapatkan berbagai informasi seputar penyakit tapi juga tips-tips sehat. Di platform ini tentu saja Anda juga bisa mendapatkan konsultasi gratis seputar berbagai keluhan terhadap penyakit dan juga obat. SehatQ juga menghadirkan toko obat online yang memiliki koleksi obat lengkap. Anda bisa tanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker mengenai dosis obat yang tepat dan cara penggunaan obat yang tepat pula. Informasi lebih lengkap, bisa langsung kunjungi SehatQ lewat aplikasi maupun website resmi.

BACA JUGA  Tips traveling untuk wanita yang liburan sendirian