Lagu Tanah Airku Karangan Ibu Soed, Lagu Patriotik Bersemangat Nasionalisme

Rangkaian lirik dan chord lagu nasional bertajuk Tanah Airku, mudah diingat dan dihafalkan. Lagu ini mengingatkan pada semangat perjuangan pada zaman dahulu. Anda bisa temukan kunci gitar lengkapnya di laman kami https://www.chordindonesia.com/ dengan mudah.

Lagu Tanah Airku, Inspirasi untuk Cinta Indonesia Lebih Dalam

Meski disajikan dalam nada yang lembut, tetapi lagu ini tetap menampilkan ciri khas penciptaan Ibu Soed yang sarat makna. Lagu ini menjadi salah satu simbol patriotik seorang warga pada negeri tercintanya.

Profil Pencipta Lagu Tanah Airku

Lagu Tanah Airku diciptakan oleh Ibu Soed yang memiliki nama asli Saridjah Niung. Beliau lahir di Sukabumi pada tanggal 26 Maret 1906, merupakan seorang pemusik, guru musik, dan pencipta lagu anak-anak.

Dikenal dengan nama Ibu Soed karena menikah dengan Raden Bintang Soedibjo. Karya-karyanya sudah banyak, bahkan beliau dikenal sebagai salah satu musikus sukses tiga zaman karena dedikasinya sebagai pemusik sejak zaman Jepang, Belanda, dan Indonesia.

Sejarah Diciptakannya Lagu Tanah Airku

Latar belakang lagu ini tercipta ketika Ibu Soed pergi ke luar negeri, tepatnya ke Jerman dan Belanda dalam rangka ingin menyaksikan para pahlawan menimba ilmu.

Selepas kembali dari belajar, rupanya Ibu Soed melihat Hasrat kerinduan untuk pulang dan mengembangkan diri mereka untuk bangsa dan negara.

Lirik lagu “Biarpun saya pergi jauh, tidak kan hilang dari kalbu” seolah menjadi ekspresi para perantau bahwa Indonesia akan selalu di hati sebagai tanah air tempat berpulang dan mengamalkan ilmu.

BACA JUGA  Cincin Nikah Berlian dan Tunangan, Panduan Pilihnya

Lirik Lagu Tanah Airku

Di bawah ini terdapat lirik lengkap Tanah Airku ciptaan Ibu Soed.

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negeri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
Kuhargai
.

 

Menyanyikan lagu Tanah Airku dengan kunci gitar yang benar tentu akan semakin meningkatkan semangat nasionalisme. Baik sebagai pendengar maupun orang yang memainkan alat musiknya, lagu ini tentu punya misi tersendiri untuk rakyat Indonesia, agar selalu ingat untuk “pulang” ketika sedang di negeri orang.