Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Anda Sadari

Rambut lepek tentu sangat tidak enak dilihat karena sering membuat penampilan berantakan. Kondisi ini terjadi akibat rambut yang terlihat basah kuyup dan berminyak. Seseorang yang mempunyai rambut lurus dan tipis lebih rentan mengalami rambut lepek.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya agar tidak terjadi lagi.

Apa Saja Penyebab Rambut Lepek?

1. Mempunyai Rambut Halus Secara Alami

Seseorang dengan kondisi ini lebih mudah mengalami rambut lepek. Artinya, setiap helai rambut tipis dengan diameter yang sangat kecil. Kondisi ini juga menyebabkan kulit kepala tidak mempunyai helaian rambut yang cukup sehingga terlihat lebat.

Selain itu, mereka yang mempunyai rambut halus juga mempunyai lebih banyak folikel rambut daripada rambut bertekstur tebal, sehingga kulit kepala lebih banyak ruang untuk helaian rambut. Hal ini menyebabkan kulit kepala menjadi terlalu berminyak, sehingga terlihat lepek.

2. Mencuci rambut terlalu sering

Keramas merupakan salah satu rutinitas dalam merawat rambut agar tetap sehat. Namun, terlalu sering keramas justru bisa meningkatkan produksi minyak di kulit kepala, sehingga rambut menjadi lepek.

Saat Anda mencuci rambut, bahan-bahan dalam sampo akan merangsang kulit kepala Anda untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Jika dilakukan terlalu sering, kulit kepala akan terus memproduksi minyak hingga membuat rambut terlihat lepek.

3. Menggunakan Produk Rambut yang Tidak Cocok

Anda akan mengalami rambut lepek jika menggunakan produk yang salah di kepala. Penggunaan produk rambut yang berlebihan atau tidak mencucinya secara menyeluruh, akhirnya menyebabkan rambut berminyak karena residunya.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Kepemimpinan Demokratis

Produk yang tidak sesuai dengan tekstur rambut juga bisa membuat rambut terlihat lepek. Cara pengaplikasian yang salah juga bisa berdampak pada hal yang sama. Jadi, sesuaikan produk yang dibeli dengan jenis rambut yang Anda miliki.

4. Berkeringat

Banyak berkeringat akibat cuaca panas atau setelah berolahraga juga bisa membuat rambut terlihat lepek. Bahkan jika bercampur dengan kotoran yang menempel di kepala, menyebabkan peningkatan sebum yang drastis. Jika dibiarkan, tidak hanya rambut lepek yang terjadi, Anda juga beresiko mengalami ketombe yang menyebabkan rasa gatal di kepala.

5. Mencuci rambut Anda dengan air panas

Mencuci menggunakan air hangat juga beresiko menyebabkan rambut lepek. Hal ini dikarenakan penggunaan air panas secara rutin dapat membuat folikel rambut menjadi lemah bahkan rontok.

Selain itu, penggunaan air panas pada rambut juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Dengan demikian, rambut lepek lebih mudah terjadi akibat penumpukan minyak berlebih.

6. Perubahan hormon

Siklus pertumbuhan rambut, adanya penyakit pada kulit kepala, dan kesehatan folikel rambut semuanya dipengaruhi oleh hormon. Jika terjadi masalah pada hormon dalam tubuh, tentu akan berdampak pada kesehatan rambut, termasuk menyebabkan rambut menjadi lepek.

Kulit kepala merupakan bagian kulit yang mudah berminyak akibat perubahan hormon dalam tubuh, terutama pada wanita. Meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhbisa meningkatkan kadar minyak pada kulit manusia, termasuk kulit kepala.

walaupun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengapa kedua hormon ini memengaruhi minyak di kulit kepala.

7. Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan berminyak juga bisa mendorong tubuh memproduksi kandungan tersebut dalam jumlah banyak. Ini karena tubuh berusaha mengeluarkan kandungan minyak berlebih, termasuk melalui kulit kepala.

BACA JUGA  Criteria Software Absensi yang Patut diPilih

Jika kondisi ini terjadi terus menerus bahkan bercampur dengan kotoran atau keringat, rambut lepek lebih rentan mengalaminya. Oleh sebab itu, hindari makanan yang banyak mengandung minyak, seperti fast food.

 

Dari tujuh cara tersebut sangatlah efektif untuk dilakukan dan diterapkan dalam keseharian agar rambut tetap sehat dan tidak akan lepek, semoga bermanfaat.