Produk dan Syarat Pinjaman Pada Amartha 

Apa itu Amartha merupakan solusi paling cocok untuk Anda yang ingin melakukan pinjaman dana. Selain itu, Amartha juga sudah termasuk kedalam perusahaan fintech atau financial technology yang menggunakan sistem peer to peer lending (P2P).

Kini Amartha mempunyai kemampuan untuk menghubungkan para investor ke peminjam dana melalui platform online. Memang pinjaman online Amartha belum ada di dalam fitur dan hanyalah fasilitas pendana guna menginvestasikan dananya.

Cara mengajukan pinjaman di Amartha ini masih dilakukan secara tradisional. Artinya, untuk para peminjam dana harus berkunjung ke kantor cabang atau petugas yang berada di wilayah operasional tersebut.

Untuk kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu Amartha. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengajukan pinjaman dana bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Produk Pinjaman Pada Apa itu Amartha

Pada saat melakukan pinjaman di Amartha, Anda harus mengenai beberapa produk yang telah disediakan terlebih dahulu. Semua produknya sudah menggunakan sistem cicilan minggu dengan pilihan tenor sampai dengan 12 bulan.

Besar nominal plafon yang ditawarkan juga sama. Akan tetapi, untuk semua sistem cicilan dan angsurannya berbeda-beda atau tidak sama. Supaya lebih jelasnya bisa simak penjelasan sebagai berikut:

1. Shorter Loan

Shorter Loan merupakan produk pinjaman dengan tenor yang lebih singkat. Dimana, untuk nominal plafon yang diberikan ini sangat kecil. Bisa dikatakan juga produk pinjaman ini khususnya pinjaman dengan jangka pendek.

Akan tetapi, masih mempunyai sistem cicilan per minggu setelah proses pencarian berlangsung. Meski dana yang diberikan lebih sedikit, akan tetapi sebanding dengan plafon normal atau proses pengajuan termasuk lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

2. Pinjaman Kelompok Mingguan

Pinjaman kelompok mingguan pada apa itu Amartha adalah pinjaman mikro untuk para pengusaha UMKM. Selain itu, di dalam produk satu ini mempunyai tenor sampai dengan 3,6,12 bulan.

Lebih menariknya lagi, di dalam produk tersebut bisa mengajukan pinjaman di apa itu Amartha dengan plafon dana mulai Rp3.000.000,00 – Rp10.000.000,00. Semua anggota kelompok Mingguan ini harus terdiri dari minimal 12 – 20 orang. Untuk cara pengajuan pinjaman di Amartha bisa dilakukan melalui kantor cabang maupun petugas.

Syarat Mengajukan Pinjaman Pada Apa itu Amartha

Setelah mengerti mengenai produk yang dimiliki oleh apa itu Amartha, maka Anda bisa menyiapkan syarat terlebih dahulu. Pada dasarnya syarat untuk mengajukan pinjaman di Amartha bisa dilengkapi secara mudah oleh pihak debitur atau peminjam dana secara kelompok.

Pengajuan pinjaman dana memang diutamakan bagi perempuan yang mempunyai tempat tinggal di wilayah dengan akses lembaga keuangan atau perbankan terbatas. Akan tetapi, bagi yang mempunyai tempat tinggal di pedesaan lainnya juga tetap bisa mengajukan pinjaman asal memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebelum mengajukan pinjaman dana di Amartha, untuk para peminjam dana wajib membentuk kelompok usaha karena modal usaha dikhususkan bagi kelompok. Setelah itu, pengajuan dana hanya dapat dilakukan pada wilayah operasional Amartha.

Artinya, untuk di luar akses pembiayaan masih belum dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan dipersiapkan terlebih dahulu oleh pihak debitur atau peminjam dana, yaitu:

  • Berjenis kelamin perempuan.
  • Menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Sudah atau ingin mempunyai usaha.
  • Membuat kelompok yang terdiri dari 15-20 orang.
  • Mengikuti pelatihan kelompok.
  • Datang ke kantor untuk mengikuti pertemuan kelompok Seminggu sekali.
  • Mempunyai tempat tinggal di daerah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Banten.
  • Melengkapi beberapa syarat dan dokumen serta formulir pendaftaran.
BACA JUGA  Mengamalkan Sholawat Jibril 1000x

Setelah itu, untuk cara mengajukan pinjaman di Amartha bisa dilakukan pada kantor yang telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan melewati petugas Amartha yang ada di setiap daerah dan biasanya sales atau marketing.

Kemudian, di dalam cara mengajukan pinjaman dana memang cukup berbeda dengan lembaga perbankan. Satu perbedaan yang terlihat jelas adalah semua para peminjam dana akan diberikan pelatihan pada setiap minggunya.

Melalui kantor cabang Amartha, Anda bisa bertanya mengenai cara dan juga prosedur lengkap di saat akan melakukan pinjaman dana. Lalu pada setiap kantor cabang juga disediakan informasi mengenai tabel angsuran yang bertujuan mempermudah dan menentukan nominal pinjaman.

Selain datang ke kantor terdekat, Anda bisa juga menanyakan mengenai pengajuan kepada pihak Call Center Amartha. Perlu diketahui, untuk layanan call center ini hanya bisa dihubungi di jam layanan mulai dari Senin – Jumat pukul (09.00-17.00). Sedangkan, untuk Anda juga bisa langsung menelpon melalui seluler, Whatsapp, email atau media sosial Amartha yang ada di bawah ini:

Pilih saja salah satu jenis layanan call center yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, untuk lebih cepatnya Anda bisa langsung saja berkunjung pada kantor Amartha terdekat.

Lengkapi semua syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan diatas agar bisa membantu dalam proses pengajuan pinjaman di Amartha. Ketika masih merasa bingung bisa bertanya kepada petugas dari pihak Amartha.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan juga jelas mengenai mengajukan pinjaman dana di apa itu Amartha. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai perihal pinjaman dana di Amartha.

BACA JUGA  3 Macam Tips Belajar Mobil Matic dan Perbedaan dengan Mobil Manual