Wajib Tahu! Ini Cara Resmi Mengaktifkan Tokopedia Paylater

Kehadiran paylater di platform e-commerce seperti Tokopedia, sudah bukan lagi jadi hal yang baru. Kerja sama yang dilakukan antara fintech dan e-commerce bisa dibilang semakin menambah popularitas layanan paylater itu sendiri sekaligus memudahkan banyak orang untuk bertransaksi.

Sekarang, bukan cuma mereka yang punya kartu kredit aja yang bisa menikmati layanan cicilan di e-commerce. Para pengguna paylater seperti Kredivo pun bisa bertransaksi di Tokopedia dengan cicilan 0% atau cicilan dengan bunga rendah yang tenornya bisa sampai 12 bulan.

Tetapi, sebelum bisa bertransaksi dengan paylater, kamu perlu tahu dulu cara mengaktifkan Tokopedia paylater. Pada dasarnya, cara mengaktifkan paylater di Tokopedia bergantung dengan paylater mana yang kamu gunakan. Selain itu, pendaftaran paylater harus dilakukan secara mandiri dan berbasis online. Hindari meminta atau menerima bantuan orang lain sebab sangat berisiko terjadi penipuan.

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ada 4 fintech paylater yang bekerja sama dengan Tokopedia

Tahukah kamu kalau Tokopedia memiliki 4 pilihan paylater?

Iya, untuk menghadirkan opsi paylater pada platformnya, Tokopedia menggandeng Kredivo, Home Credit, Indodana, dan BRI Ceria. Ini berarti, sebelum bisa menggunakan paylater di Tokopedia, kamu harus menjadi pengguna aktif dari salah satu paylater tersebut lebih dulu.

Cara mengaktifkan paylater berbeda-beda pada setiap fintech

Baik Kredivo, Home Credit, Indodana, maupun BRI Ceria, memiliki cara registrasi akun yang berbeda-beda. Begitu juga dengan syarat pendaftarannya.

Untuk Kredivo, syarat daftar akunnya antara lain:

  1. Pendaftar adalah WNI berusia minimal 18 tahun.
  2. Punya penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak
  4. Pendaftaran akun Kredivo hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Kredivo. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store.
BACA JUGA  Cincin Nikah Berlian dan Tunangan, Panduan Pilihnya

Untuk Home Credit, syarat daftar akunnya adalah sebagai berikut:

  1. WNI yang berusia minimal 19 tahun.
  2. Memiliki KTP yang masih berlaku dan penghasilan tetap minimal Rp 1.5 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah area layanan Home Credit indonesia

Untuk Indodana, syarat daftar akunnya adalah:

  1. WNI yang berusia 21-50 tahun.
  2. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta dan sudah bekerja selama minimal 3 bulan.
  3. Berdomisili di wilayah layanan Indodana.
  4. Punya rekening atas nama pribadi yang sudah berjalan tiga bulan lebih.

Sementara untuk BRI Ceria, berikut syarat daftarnya:

  1. Layanan BRI Ceria hanya berlaku bagi nasabah BRI yang terpilih dan sudah memiliki akun BRI Ceria.
  2. Jika kamu termasuk pengguna BRI, kamu dapat menghubungi pihak bank lebih lanjut terkait program dan pendaftaran layanan BRI Ceria.

Dari syarat pendaftaran 4 fintech di atas, kamu dapat memilih fintech yang paling sesuai dengan kondisimu. Setelah itu, lakukan pendaftaran sesuai dengan platform yang disediakan fintech.

Misalnya kamu memilih Kredivo, maka kamu bisa melakukan registrasi melalui aplikasi resmi Kredivo.

Gunakan paylater sesuai kebutuhan dan batasi frekuensinya

Selain punya syarat pendaftaran yang berbeda, setiap fintech di atas memiliki ketentuan penggunaan limit kredit yang berbeda juga.

Di Kredivo, limit kredit maksimal yang bisa diberikan kepada pengguna adalah Rp 30 juta. Selain itu, ada berbagai layanan kredit yang bisa kamu manfaatkan jika memiliki akun Premium. Yang pertama adalah layanan bayar nanti dalam 30 hari, tanpa bunga, dan tanpa minimal transaksi. Cocok digunakan untuk belanja kebutuhan yang jumlahnya kecil

Yang kedua, ada layanan cicilan 0% dari Kredivo tanpa uang muka dengan tenor maksimal 3 bulan. Cicilan 0% berlaku untuk transaksi minimal 500 ribu. Cocok dipilih jika kamu ingin kredit barang elektronik yang harganya murah dan nggak mau cicil terlalu lama.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Kepemimpinan Demokratis

Yang ketiga, ada juga layanan cicilan dengan tenor yang lebih panjang, yaitu 6 dan 12 bulan. Bedanya dengan cicilan 0%, layanan ini memiliki tingkat suku bunga sebesar 2.6%. Berlaku untuk minimal transaksi sebesar 500 ribu.

Yang keempat dan terakhir, ada fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo yang berfungsi untuk mencairkan limit menjadi pinjaman mulai dari 500 ribu. Untuk pinjaman, bisa dicicil selama 3 sampai 6 bulan. Suku bunga pinjaman hanya sebesar 2.6% per bulan.

Beda Kredivo, beda juga dengan fintech lainnya. Oleh karena itu, setelah sebelum registrasi akun, ketahui juga layanan apa saja yang bisa diberikan fintech pilihanmu untuk transaksi di Tokopedia.

Meski begitu, penggunaan paylater di Tokopedia harus dibatasi dan disesuaikan dengan kemampuan. Hindari menggunakan paylater untuk mengambil lebih dari satu cicilan dalam waktu bersamaan. Selain berisiko jadi kredit macet, layanan paylater yang seharusnya bisa bermanfaat malah bisa bikin keuangan berantakan, lho jika hal tersebut dilakukan.