5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN

Domba texel merupakan salah satu jenis domba potong yang sering dibudidayakan di Indonesia. Saat tidak sedang bermain, berat Texel dewasa bisa mencapai 100 kilogram per ekor. Untuk wanita yang belum mencapai tahap kehamilan, berat badannya bisa mencapai 90kg. Jadi tidak diragukan lagi, Texel menjadi daging domba yang populer.

Texel berasal dari Pulau Texel Belanda Namun, sejak diperkenalkan pada tahun 1950, Texel dapat tumbuh di Indonesia. Domba yang sama dikenal dengan nama lokalnya seperti nama Dombos (Domba Wonosobo).

Nama tersebut diberikan karena 500 Texels mampu menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan setelah masuk ke Indonesia pada era 1950-an. Bahkan, hingga saat ini Wonosobo telah menjadi jantung Texel sebagai daging domba berkualitas internasional.

Banyak peternakan menjual benih domba Texel baik untuk individu maupun untuk pemilik ternak. Dengan sistem besar seperti ini, pertumbuhan Texel akan terjadi dengan cepat dalam waktu dekat.

Kabar baiknya adalah bahwa Texel tidak hanya menggunakan daging. Permintaan pasar terhadap produk dari domba ini tidak hanya daging tetapi juga wol dan persilangan. Dengan demikian, pemasaran Texel luas dan Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan finansial yang maksimal.

Cara dan Tips Domba Texel Terbukti Sukses

Sebenarnya, ada banyak hal penting yang harus Anda masukkan ke dalam peternakan Anda untuk memastikan budidaya Texel yang efisien. Namun, ada lima elemen penting yang perlu Anda perbaiki. Misalnya dalam memilih breeder Texel breeder yang memilih breeder perlu memperhatikan kualitas baik fisik maupun genetik.

Secara mendalam, disini kita akan membahas cara terbaik beternak domba texel dan proses budidayanya untuk memastikan anda sukses dalam pemasarannya.

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk membangun peternakan, sangat penting untuk mendapatkan domba Super Texel berkualitas tinggi. Alasan di balik ini adalah bahwa orang tua menentukan apa anakan berikutnya di F1, F2, F3, dan setelah itu. Oleh karena itu, pemilihan indukan harus selektif.

Ciri-ciri breeder super Texel antara lain :

a) Tubuh simetris panjang besar dengan sisi kiri dan kanan simetris.

B) Selaput mata tidak pucat. Warna mata cerah dan jernih.

C) Tubuh tidak terlalu gemuk. Domba yang terlalu besar dan kental biasanya memiliki cacat genetik.

d) A) Tidak ada cacat fisik, dengan ciri-ciri texel tetua dapat terlihat secara kasat mata. Misalnya, tidak terpincang-pincang dengan cara apa pun, tidak buta, bisu, dan sebagainya.

E) Lubang hidungnya cenderung lembab (tidak terlalu berair dan tentunya tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan, testis berukuran normal, dan tonjolan di sepanjang tulang kaki cenderung lebih besar atau lebih menonjol ketika kita menyentuhnya.

BACA JUGA  Mengapa Anda Butuh Ikut Tes TOEFL? Simak Jawabanya Disini!

G) Jika melihat Texel betina ukuran ambingnya normal dan besar, jumlah putingnya lengkap dengan aktif (ini penting agar keturunannya juga sehat).

h) Umur induk harus minimal 1 tahun kalender dan lebih. Sehingga faktor fisik maupun mental berada pada taraf yang tepat untuk memberikan keturunan yang terbaik.

Jika Anda sedang mencari breeder dari kedua jenis kelamin, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan penjualnya. Pilih vendor dalam organisasi seperti peternakan yang efisien, ramah, serta memberikan layanan terbaik.

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman, sehingga tidak merugikan kesehatan psikologis ternak Anda. Sudah menjadi hal yang lumrah bagi peternak untuk melebih-lebihkan pentingnya kandang padahal kandang merupakan aspek penunjang yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan domba.

Intinya, kandang untuk memberi makan domba di bawah usia 9 bulan bisa Anda taruh di kandang bersama. Kandang dapat berisi antara lima sampai 10 burung tergantung pada ukuran kandang.

Saat mereka tumbuh menjadi dewasa, Anda dapat memindahkan domba ke kandang terpisah. Pastikan domba Anda masih bisa leluasa bergerak dan berputar, istirahat, dan lain-lain. Pada dasarnya desain penggunaan kandang panggung, atau kandang tanah, harus mempertimbangkan aspek ini.

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman antara lain:

A) A) Kandang telah dibersihkan dan tidak ada kotoran atau kotoran yang menumpuk untuk waktu yang lama.

b) Terkena sinar matahari yang cukup namun bukan berarti kandang di dalam tertutup untuk mencegah sinar matahari masuk.

C) Teduh dan tidak panas walaupun memang membutuhkan sinar matahari untuk masuk, namun pastikan suhunya tidak terlalu panas, agar domba bisa nyaman.

D) Lokasi harus 5 meter dari rumah.

Saat Anda membangun kandang untuk domba, perhatikan jarak yang diperlukan antara kandang dengan lantai. Jarak paling umum yang dibutuhkan adalah sekitar 70 sentimeter. Atap samping lebih tinggi dari atap belakang untuk memastikan bahwa hujan dan embun akan jatuh di atap dengan mulus.

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika betina Anda bernama Texel, maka Anda bisa kawin dengan domba jantan fullblood dan mendapatkan anakan yang berkualitas baik.

super. Fatau misalnya dengan domba Dorper, yang terkenal dengan dagingnya yang luar biasa.

Metode persilangan atau persilangan domba ini merupakan unsur utama dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik dari breed-breed tersebut. Anda dapat di peternakan Anda mencoba breed berkualitas lain dalam produksi daging atau untuk menargetkan keunggulan genetik tertentu.

BACA JUGA  Ketahui Beragam Penyebab Trombosit Rendah Dari SehatQ

Di pasaran, domba Texel yang bunting dan memiliki domba Dorper fullblood ditawarkan dengan harga lebih mahal. Biasanya, pada kelahiran pertama, anak domba dapat menghasilkan satu bayi, tetapi pada kelahiran kedua, dan kemudian, itu bisa lebih besar dari itu.

Apa Keuntungannya Jika Anda berhasil di cross breed ini?

A) Anda bisa mendapatkan persilangan yang memiliki pertumbuhan cepat. Dengan perawatan rutin (bukan rekayasa genetika, seperti ayam pedaging) Peternakan Anda kemungkinan memanen hewan lebih cepat.

B) Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel rentan terhadap penyakit maka pertumbuhan dan perkembangannya akan terpengaruh. Namun peternak harus membayar konsentrasi yang lebih besar dalam hal ini.

c) Daging berkualitas tanpa lemak. Daging jenis ini menjadi incaran pasar dari luar negeri.

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Sebagai jenis domba pedaging, Anda harus memperhatikan pemberian makan Texel. Periksa apakah pakan mengandung serat dalam jumlah yang cukup, dan khususnya sumber serat alami seperti rumput. Saat Anda memelihara domba di kandang komunal, ada opsi untuk menambahkan pakan konsentrat untuk pertumbuhan domba.

Beberapa saran feed yang bagus untuk diterapkan untuk meningkatkan pertumbuhan Texel adalah sebagai berikut:

A) Hijauan adalah sumber makanan yang dapat Anda berikan kepada domba dengan kadar 10% dari total beratnya. Pemberian pakan didasarkan pada perilaku peternak itu sendiri biasanya, tetapi biasanya dua kali per hari.

B) Pakan fortifikasi khusus untuk indukan laktasi, siap kawin jantan, domba, hingga domba pada tahap penggemukan. Bentuk pakan fortifikasi terdiri dari dedak serealia, bungkil dedak padi, kacang-kacangan, dan sebagainya.

c) Garam dan suplemen makanan yang diformulasikan khusus untuk domba yang diberikan kepada ternak untuk menyediakan mineral untuk membantu mereka tumbuh.

Pakan fermentasi merupakan alternatif yang baik untuk memangkas biaya produksi pakan domba. Saat memfermentasi pakan, perlu membuat domba nyaman terlebih dahulu. Tiba-tiba mengubah pakan utama menjadi fermentasi dapat mengakibatkan domba menolak mau makan.

5. Penjualan Hasil Peternakan (Daging dan Domba)

Menjual domba texel dapat berupa produksi berupa daging atau menjual breed yang dipelihara. Metode penjualan yang efektif akan meningkatkan jumlah domba yang terjual. Dengan demikian, akan ada aliran pendapatan di peternakan yang tentu saja menghasilkan keuntungan finansial bagi peternak.

Berikut adalah saran untuk menjual domba yang siap menghasilkan keuntungan dari peternakan Anda.

a) Pemasaran domba di pasar hewan. Metode penjualan domba ini paling umum digunakan dan tradisional. Pembeli bisa didapatkan kapan saja. Jangkauan layanan juga dibatasi dengan mayoritas pembeli hanya berasal dari satu wilayah.

BACA JUGA  10 Peralatan Dарur Modern dan Fungѕіnуа Agаr Masak Lebih Gampang

B) Bagikan brosur iklan secara offline. Banyak sekali potensi di Texel sebagai daging domba berbahan dasar yang sering dimanfaatkan sebagai hewan kurban. Oleh karena itu tempat yang tepat untuk mempromosikan hal ini adalah dengan menyebarkan brosur di masjid, restoran dan tempat umum lainnya.

c) Memanfaatkan pesan dan media sosial. Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas jumlah koneksi dalam pemasaran domba Texel. Anda dapat mengiklankan peternakan dan ternak di situs media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

d) Pemasangan produk ternak di website dan marketplace. Ini adalah cara melakukan sesuatu dengan cara modern yang memiliki potensi besar dalam waktu dekat. Karena internet dan pasar tidak terpengaruh oleh waktu. Sebenarnya, semakin tua Anda, semakin banyak prioritas yang Anda dapatkan dari mesin pencari.

Menjual Domba Texel ke Mitra yang Tepat

Ada banyak sekali pencari hewan Texel, dewasa, bahkan ibu hamil. Selain pemasaran melalui berbagai saluran yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan kolaborasi, Anda juga dapat menjalin kemitraan dengan peternakan lain seperti GibasBarokah.com.

Ini adalah bagaimana Anda menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan. Sebagai pemilik, Anda adalah orang yang memutuskan berapa harga pasar untuk produk ternak Anda dari domba Anda. Tentu saja, penetapan harga harus masuk akal dan mempertimbangkan karakteristik genetik dan fisik domba itu sendiri.

Jika sehat dan berkualitas baik, Anda dapat mengharapkan untuk membayar harga yang terjangkau. Sebaliknya, jika situasinya tidak baik atau bahkan breed alternatif sulit, biayanya bisa lebih rendah dari rata-rata pasar.

Itulah mengapa melakukan perbaikan kualitas semua hewan di peternakan sangat penting. Karena itu akan mempengaruhi harga jual di masa depan. Untuk meningkatkan kualitas produk dan

Kualitas ternak yang bisa Anda lewatiberkembang biak dengan domba fullblood terbukti memiliki standar tertinggi.

Kedatangan domba fullblood adalah aset investasi. Satu domba jantan bisa kawin lebih dari 25 betina. Sisi genetik domba jantanlah yang menentukan kualitas breed di peternakan apakah kualitasnya meningkat atau tidak.

Berikut adalah beberapa saran tentang cara beternak domba Texel. Ini adalah jenis daging yang sangat dicari di Indonesia. Harga jual belinya sangat stabil, dan para peternak tidak ragu untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses selalu untuk peternakan di seluruh Indonesia!

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel